السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة

Rabu, 05 Agustus 2015

al Qur'an Hadits (Kurikulum)



C.   Muatan Kurikulum  Madrasah Tsanawiyah  Nururrodhiyah  Kota Jambi
      
       1.    Komponen Mata Pelajaran
QUR'AN-HADITS
A.   Latar Belakang
       Pendidikan di Indonesia diharapkan dapat mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang memiliki komitmen kuat dan berakhlaq mulia. Pendidikan berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak peserta didik yang bermartabat, bertujuan untuk berkenabangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan mampu meneladani al-Quran-Hadist dalam kehidupan sehari-hari.

       Kurikulum disusun dan disain agar terciptanya keberlangsungan proses pendidikan yang kondusif bagi peserta didik sehingga dapat hidup dan mandiri ditengah masyarakat yang heterogen. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar merupakan kurikulum hasil refleksi, pemikiran dan pengkajian dari kurikulum yang telah berlaku sebelumnya.

       Kurikulum ini diharapkan dapat membantu mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan di masa depan. Stardar kompetensi dan kompetensi dasar diarahkan untuk menumbuhkan dan memberikan keterampilan bertahan hidup dalam kondisi yang beragam dengan berbagai perubahan serta persaingan. Kurikulum ini diciptakan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten cerdas dalam membangun integritas sosial, dan mewujudkan karakter.

       Pada dasarnya kurikulum Quran Hadist ini masih terkait dengan standar isi dalam PP 22. Penyusunan kurikulum Quran Hadist ini dengan memperhatikan hal-hal berikut ini.
1.    Kurikulum Quran-Hadist yang tertuang dalam Permen 22 pada jenjang sebelumnya (SD/MI)
2.    Kebutuhan siswa pada usia SMP/MTs yang pada dasarnya mulai dikenakan hukum sebagai mukallaf (diwajibkan menunaikan ibadah mahdzoh terlebih sholat)
      
       Kurikulum Quran Hadist MTs ini merupakan kelanjutan dan kesinambungan dengan kurikulum Al-Quran-Hadist pada jenjang MI dan MA, terutama pada penekanan kemampuan membaca Quran Hadist, pemahaman surat-surat pendek dan mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari.

B.   Tujuan
              Adapun tujuan dari mata pelajaran Qur'an Hadits adalah:
1.    Meningkatkan kecintaan siswa terhadap Qur'an dan Hadits.
2.    Membekali siswa dengan dalil-dalil yang terdapat dalam Qur'an dan Hadits sebagai pedoman dalam menyikapi dan menghadapi kehidupan.
3.    Meningkatkan kekhusyukan siswa dalam beribadah terlebih sholat, dengan menerapkan hukum bacaan tajwid serta isi kandungan surat/ayat dalam surat-surat pendek yang mereka baca.



C.   Ruang Lingkup
1.    Membaca / menulis yang merupakan unsur penerapan ilmu tajwid.
2.    Menterjemahkan makna (tafsiran) yang merupakan pemahaman, interpretasi ayat dan Hadis dalam memperkaya khazanah intelektual.
3.    Menerapkan isi kandungan ayat/hadist yang merupakan unsur pengamalan nyata dalam kehidupan sehari-hari.

D.   Standar Kompetcnsi Lulusan
1.    Memahami dan mencintai al-Qur'an dan al-Hadist sebagai pedoman hidup umat islam.
2.    Meningkatkan pemahainan al-Qur'an al-Fatihah, dan surat pendek pilihan melalui upaya menerapkan cara membacanya, menangkap maknanya, memahami kandungan isinya, dan mengaitkannya dengan fenomena kehidupan.
3.    Menghafal dan memahami makna hadits-hadits yang terkait dengan tema isi kandungan surat atau ayat sesuai dengan tingkat perkembangan anak.

E.   Standar Kompetensi dan Kompeteusi Dasar
       KELAS VII SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.    Memahami al-Qur'an dan al-Hadits sebagai pedoman hidup
1.1 Menjelaskan pengertian dan fungsi al-Qur'an dan al-Hadits
1.2 Menjelaskan cara-cara menfungsikan al-Qur’an dan al-Hadits
1.3 Menerapkan al-Qur’an pedoman hidup umat Islam
2.    Mencintai al-Qur'an dan  al-Hadist
2.1 Menjelaskan cara mencintai al-Qur'an dan al-Hadits
2.2 Menjelaskan perilaku orang yang mencintai al-Quran dan al-Hadits
2.3 Menerapkan  perilaku  mencintai al-Qur'an dan al-Hadits dalam kehidupan
3.    Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehar-hari tentang Tauhid Rububiyah dan Uluhiyyah
3.1 Memaliami isi kandungan QS. al-Fatihah, An-Nas, al-Falaq dan al-Ikhlas tentang Tauhid Rububiyah dan Uluhiyyah
3.2 Menerapkan kandungan QS. al-Fatihah, An-Naas, al-Falaq dan al-Ikhlas dalam kehidupan sehari-hari
4.    Memahami hadits tentang ciri iman dan ibadah yang diterima Allah

4.1 Menulis   Hadits   tentang   iman   dan ibadah
4.2 Menerjemahkan makna Hadits tentang iman dan ibadah
4.3 Menghafal Hadits tentang iman dan ibadah
4.4 Menjelaskan keterkaitan isi kandungan Hadits tentang iman dan ibadah dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
4.5 Menerpakan isi kandungan Hadits tentang ciri iman dan ibadah yang diterima Allah



       KELAS VII SEMESTER I
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
5.    Membaca al-Qur'an surat pendek pilihan
5.1 Menerapkan hukum bacaan mim sukun dalam Q.S. Al-Bayyinah dan AI-Kafirun.
6.  Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehar-hari tentang toleransi

6.1 Memahami isi Kafirun dan kandungan Q.S.   Al-Al-Bayyinah tentang dan toleransi.
6.2 Memahami keterkaitan isi kandungan Q.S. Al-Kafirun dan Al-Bayyinah tentang membangun kehidupan umat beragama dalam fenomena kehidupan.
6.3 Menerapkan kandungan Q.S. Al-Kafirun dan Al-Bayyinah tentang toleransi dalam kehidupan sehari-hari.
7.    Menerapkan Al-Qur'an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehari-hari tentang problematika da'wah
7.1 Memahami isi kandungan QS. Al-Lahab dan An-Nashr tentang problematika dakwah
7.2 Menerapkan kandungan QS. Al-Lahab dan An-Nashr dalam kehidupan sehari-hari


       KELAS VIII SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.  Membaca al-Qur'an surat pendek pilihan

1.1 Menerapkan hukum bacaan mad layyin,mad arid lissukun, dalam Q.S Al-Kautsar dan Al-Ma'un
1.2 Menerapkan hukum bacaan mad iwadl, mad badal, dan mad tamkin dalam Al-Qur'an.
2.    Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehar-hari tentang ketentuan rizki dari Allah.

2.1 Memahami isi kandungan Q.S Al-Quraisy dan Al-Insyiroh tentang ketentuan rezeki dari Allah.
2.2 Memahami keterkaitan isi kandungan Q.S Al-Quraisy dan Al-Insyiroh tentang ketentuan rezeki dari Allah dalam kehidupan.
2.3 Menerapkan isi kandungan Q.S Al-Quraisy dan Al-Insyiroh tentang ketentuan rezeki dari Allah dalam kehidupan.
3.    Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehar-hari tentang kepedulian sosial
3.1 Memahami isi kandungan Q.S. Al-Kautsar dan Al-Ma'un tentang kepedulian sosial
3.2 Memahami keterkaitan isi kandungan Q.S. Al-Kautsar dan Al-Ma'un tentang kepedulian sosial dalani fenomena kehidupan
4.    Memahami hadits tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim

4.1 Menulis Hadits tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim
4.2 Menerjemahkan makna Hadist tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim
4.3 Menghafal Hadits tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim
4.4 Menjelaskan keterkaitan isi kandungan Hadits dalam perilaku tolong menolong dan mencintai anak yatim dalam fenomena kehidupan dan akibatnya

       KELAS VIII SEMESTER 2
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
5.    Membaca Al-Qur'an surat pendek pilihan
5.1. Menerapkan hukum bacaan lam dan ro' dalam Q.S Al-Humazah dan At-Takatsur
6.    Menerapkan Al-Qur'an surat-surat pendek pilihan tentang menimbun harta (serakah)
6.1 Memahami isi kandungan Q.S. Al-Humazah dan At-Takatsur
6.2 Memahami keterkaitan isi kandungan Q.S. Al-Humazah dan At-Takatsur tentang Sifat Cinta Dunia dan tnelupakan Kebahagian hakiki dalam fenomena kehidupan.
6.3 Menerapkan kandungan Q.S. Al-Humazah dan At-Takatsur dalam fenomena kehidupan sehari-hari.
7.    Memahami hadits tentang keseimbangan hidup di dunia dan akherat

7.1 Menulis Hadits tentang keseimbangan hidup di dunia dan akherat.
7.2  Menerjemahkan makna Hadits tentang keseimbangan hidupa di dunia dan akherat.
7.3  Menghafal    Hadits tentang keseimbangan hidupan di dunia dan akherat.
7.4 Menjelaskan keterkaitan isi kandungan Hadits dalam perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akherat dalam femomena kehidupan dan akibatnya.


       KELAS IX SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.    Membaca Al-Qur'an surat pendek pilihan

1.1 Menerapkan hukum mad silah dalam Q.S. Al-Qari'ah dan Al-Zalzalah
1.2 Menerapkan hukum mad lazim mukhoffaf kilmi, mutsaqqol kilmi, dan Farqi dalam Al-Qur’an
2.    Menerapkan Al-Qur'an surat-surat pendek pilihan tentang hukum fenomena alam

2.1 Memahami isi kandungan Q.S. Al-Qari'ah dan Al-Zalzalah tentang hukum fenomena alam
2.2 Memahami keterkaitan isi kandungan Q.S. Al-QarFah dan Al-Zalzalah tentang hukum fenomena alam dalam kehidupan
2.3  Menerapkan kandungan Al-Qari’ah, Al-Zalzalah dalam fenomena kehidupan sehari-hari dan akibatnya
3.    Memahami hadits  tentang menjaga dan melestarikan

3.1  Menulis Hadits tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam lingkungan alam
3.2 Menerjemahkan makna Hadits tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
3.3  Menghafal Hadits tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
3.4 Menjelaskan keterkaitan isi kandungan Hadits dalam perilaku menjaga dan melestarikan lingkungan alam dalam fenomena kehidupan dan akibatnya

       KELAS IX SEMESTER 2
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
4.    Membaca Al-Qur'an surat pendek pilihan

4.1 Menerapkan hukum bacaan mad, lam dan ro' dalam QS. Al-Ashr dan Al-'Alaq
4.2  Menerapkan hukum bacaan mad lazim mukhoffaf harfi dan mutsaqqol harfi dalam Al-Qur'an
5.    Menerapkan Al-Qur'an surat-surat pendek pilihan tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu

5.1 Memahami isi kandungan QS. Al-Ashr dan Al-Alaq’ tentang menghargai waktu dan rnenuntut ilmu
5.2 Memahami keterkaitan isi kandungan QS. Al-Ashr dan Al-Alaq tentang menghargai waktu dan menuntut Umu dalam fenomena kehidupan
5.3 Menerapkan  kandungan  QS.  Al-Ashr dan Al-Alaq’ tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu dalam  fenomena kemdupan sehari-hari.
6. Memahami hadits tentang menuntut ilmu dan menghargai waktu

6.1 Menulis Hadits tentang menuntut ilmu dan menghargai waktu
6.2 Menerjemahkan makna menuntut ilmu dan menghargai waktu
6.3 Menghafal Hadits tentang menuntut ihnu dan menghargai waktu
6.4 Menjelaskan keterkaitan isi kandungan Hadits dalam perilaku menuntut ilmu dan menghargai waktu dalam fenomena kehidupan dan akibatnya

F.    Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar