C.
Muatan Kurikulum Madrasah Tsanawiyah Nururrodhiyah
Kota Jambi
1. Komponen Mata Pelajaran
QUR'AN-HADITS
A. Latar
Belakang
Pendidikan
di Indonesia diharapkan dapat mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara
yang memiliki komitmen kuat dan berakhlaq mulia. Pendidikan berfungsi mengembangkan
kemampuan dan membentuk watak peserta didik yang bermartabat, bertujuan untuk
berkenabangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang berakhlak mulia,
sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan mampu meneladani al-Quran-Hadist
dalam kehidupan sehari-hari.
Kurikulum
disusun dan disain agar terciptanya keberlangsungan proses pendidikan yang
kondusif bagi peserta didik sehingga dapat hidup dan mandiri ditengah
masyarakat yang heterogen. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar merupakan
kurikulum hasil refleksi, pemikiran dan pengkajian dari kurikulum yang telah
berlaku sebelumnya.
Kurikulum
ini diharapkan dapat membantu mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan
di masa depan. Stardar kompetensi dan kompetensi dasar diarahkan untuk
menumbuhkan dan memberikan keterampilan bertahan hidup dalam kondisi yang
beragam dengan berbagai perubahan serta persaingan. Kurikulum ini diciptakan
untuk menghasilkan lulusan yang kompeten cerdas dalam membangun integritas
sosial, dan mewujudkan karakter.
Pada
dasarnya kurikulum Quran Hadist ini masih terkait dengan standar isi dalam PP
22. Penyusunan kurikulum Quran Hadist ini dengan memperhatikan hal-hal berikut
ini.
1. Kurikulum
Quran-Hadist yang tertuang dalam Permen 22 pada jenjang sebelumnya (SD/MI)
2. Kebutuhan
siswa pada usia SMP/MTs yang pada dasarnya mulai dikenakan hukum sebagai
mukallaf (diwajibkan menunaikan ibadah mahdzoh terlebih sholat)
Kurikulum
Quran Hadist MTs ini merupakan kelanjutan dan kesinambungan dengan kurikulum
Al-Quran-Hadist pada jenjang MI dan MA, terutama pada penekanan kemampuan
membaca Quran Hadist, pemahaman surat-surat pendek dan mengaitkan dengan
kehidupan sehari-hari.
B. Tujuan
Adapun tujuan dari mata pelajaran
Qur'an Hadits adalah:
1. Meningkatkan
kecintaan siswa terhadap Qur'an dan Hadits.
2. Membekali
siswa dengan dalil-dalil yang terdapat dalam Qur'an dan Hadits sebagai pedoman
dalam menyikapi dan menghadapi kehidupan.
3. Meningkatkan kekhusyukan siswa dalam
beribadah terlebih sholat, dengan menerapkan hukum bacaan tajwid serta isi
kandungan surat/ayat dalam surat-surat pendek yang mereka baca.
C. Ruang
Lingkup
1.
Membaca / menulis yang merupakan
unsur penerapan ilmu tajwid.
2. Menterjemahkan
makna (tafsiran) yang merupakan pemahaman, interpretasi ayat dan Hadis dalam
memperkaya khazanah intelektual.
3. Menerapkan
isi kandungan ayat/hadist yang merupakan unsur pengamalan nyata dalam kehidupan
sehari-hari.
D. Standar
Kompetcnsi Lulusan
1. Memahami dan mencintai al-Qur'an dan al-Hadist
sebagai pedoman hidup umat islam.
2. Meningkatkan
pemahainan al-Qur'an al-Fatihah, dan surat pendek pilihan melalui upaya
menerapkan cara membacanya, menangkap maknanya, memahami kandungan isinya, dan
mengaitkannya dengan fenomena kehidupan.
3. Menghafal dan memahami makna hadits-hadits
yang terkait dengan tema isi kandungan surat atau ayat sesuai dengan tingkat
perkembangan anak.
E. Standar
Kompetensi dan Kompeteusi Dasar
KELAS VII
SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami al-Qur'an dan al-Hadits sebagai
pedoman hidup
|
1.1 Menjelaskan pengertian dan fungsi al-Qur'an
dan al-Hadits
1.2 Menjelaskan cara-cara menfungsikan al-Qur’an
dan al-Hadits
1.3 Menerapkan
al-Qur’an pedoman hidup umat Islam
|
2. Mencintai
al-Qur'an dan al-Hadist
|
2.1 Menjelaskan cara mencintai al-Qur'an dan al-Hadits
2.2 Menjelaskan perilaku orang yang mencintai al-Quran
dan al-Hadits
2.3 Menerapkan
perilaku mencintai al-Qur'an
dan al-Hadits dalam kehidupan
|
3. Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek
pilihan dalam kehidupan sehar-hari tentang Tauhid Rububiyah dan Uluhiyyah
|
3.1 Memaliami isi kandungan QS. al-Fatihah,
An-Nas, al-Falaq dan al-Ikhlas tentang Tauhid Rububiyah dan Uluhiyyah
3.2 Menerapkan kandungan QS. al-Fatihah, An-Naas,
al-Falaq dan al-Ikhlas dalam kehidupan sehari-hari
|
4. Memahami
hadits tentang ciri iman dan ibadah yang diterima Allah
|
4.1 Menulis
Hadits tentang iman
dan ibadah
4.2 Menerjemahkan makna Hadits tentang iman dan ibadah
4.3 Menghafal Hadits tentang iman dan ibadah
4.4 Menjelaskan keterkaitan isi kandungan Hadits
tentang iman dan ibadah dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
4.5 Menerpakan isi kandungan Hadits tentang ciri
iman dan ibadah yang diterima Allah
|
KELAS
VII SEMESTER I
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
5. Membaca
al-Qur'an surat pendek pilihan
|
5.1 Menerapkan hukum bacaan mim sukun dalam Q.S.
Al-Bayyinah dan AI-Kafirun.
|
6. Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek
pilihan dalam kehidupan sehar-hari tentang toleransi
|
6.1 Memahami isi Kafirun dan kandungan Q.S. Al-Al-Bayyinah tentang dan toleransi.
6.2 Memahami keterkaitan isi kandungan Q.S.
Al-Kafirun dan Al-Bayyinah tentang membangun kehidupan umat beragama dalam
fenomena kehidupan.
6.3 Menerapkan kandungan Q.S. Al-Kafirun dan
Al-Bayyinah tentang toleransi dalam kehidupan sehari-hari.
|
7. Menerapkan
Al-Qur'an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehari-hari tentang
problematika da'wah
|
7.1 Memahami isi kandungan QS. Al-Lahab dan
An-Nashr tentang problematika dakwah
7.2 Menerapkan kandungan QS. Al-Lahab dan
An-Nashr dalam kehidupan sehari-hari
|
KELAS VIII
SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Membaca al-Qur'an surat pendek pilihan
|
1.1 Menerapkan
hukum bacaan mad layyin,mad arid lissukun, dalam Q.S Al-Kautsar dan Al-Ma'un
1.2 Menerapkan
hukum bacaan mad iwadl, mad badal, dan mad tamkin dalam Al-Qur'an.
|
2. Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek
pilihan dalam kehidupan sehar-hari tentang ketentuan rizki dari Allah.
|
2.1 Memahami isi kandungan Q.S Al-Quraisy dan
Al-Insyiroh tentang ketentuan rezeki dari Allah.
2.2 Memahami keterkaitan isi kandungan Q.S
Al-Quraisy dan Al-Insyiroh tentang ketentuan rezeki dari Allah dalam
kehidupan.
2.3 Menerapkan isi kandungan Q.S Al-Quraisy dan
Al-Insyiroh tentang ketentuan rezeki dari Allah dalam kehidupan.
|
3. Menerapkan
al-Qur'an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehar-hari tentang
kepedulian sosial
|
3.1 Memahami isi kandungan Q.S. Al-Kautsar dan
Al-Ma'un tentang kepedulian sosial
3.2 Memahami keterkaitan isi kandungan Q.S.
Al-Kautsar dan Al-Ma'un tentang kepedulian sosial dalani fenomena kehidupan
|
4. Memahami hadits tentang tolong menolong dan
mencintai anak yatim
|
4.1 Menulis Hadits tentang tolong menolong dan
mencintai anak yatim
4.2 Menerjemahkan makna Hadist tentang tolong
menolong dan mencintai anak yatim
4.3 Menghafal Hadits tentang tolong menolong dan
mencintai anak yatim
4.4
Menjelaskan keterkaitan isi kandungan Hadits dalam perilaku tolong menolong
dan mencintai anak yatim dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
|
KELAS
VIII SEMESTER 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
5. Membaca
Al-Qur'an surat pendek pilihan
|
5.1. Menerapkan hukum bacaan lam dan ro' dalam Q.S
Al-Humazah dan At-Takatsur
|
6. Menerapkan
Al-Qur'an surat-surat pendek pilihan tentang menimbun harta (serakah)
|
6.1 Memahami isi kandungan Q.S. Al-Humazah dan
At-Takatsur
6.2 Memahami keterkaitan isi kandungan Q.S.
Al-Humazah dan At-Takatsur tentang Sifat Cinta Dunia dan tnelupakan Kebahagian
hakiki dalam fenomena kehidupan.
6.3 Menerapkan kandungan Q.S. Al-Humazah dan
At-Takatsur dalam fenomena kehidupan sehari-hari.
|
7. Memahami hadits tentang keseimbangan hidup
di dunia dan akherat
|
7.1 Menulis Hadits tentang keseimbangan hidup di
dunia dan akherat.
7.2 Menerjemahkan makna Hadits tentang
keseimbangan hidupa di dunia dan akherat.
7.3 Menghafal Hadits
tentang keseimbangan hidupan di dunia dan akherat.
7.4
Menjelaskan keterkaitan isi kandungan Hadits dalam perilaku keseimbangan
hidup di dunia dan akherat dalam femomena kehidupan dan akibatnya.
|
KELAS IX
SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Membaca Al-Qur'an surat pendek pilihan
|
1.1 Menerapkan hukum mad silah dalam Q.S.
Al-Qari'ah dan Al-Zalzalah
1.2 Menerapkan
hukum mad lazim mukhoffaf kilmi, mutsaqqol kilmi, dan Farqi dalam Al-Qur’an
|
2. Menerapkan
Al-Qur'an surat-surat pendek pilihan tentang hukum fenomena alam
|
2.1 Memahami isi kandungan Q.S. Al-Qari'ah dan
Al-Zalzalah tentang hukum fenomena alam
2.2 Memahami keterkaitan isi kandungan Q.S.
Al-QarFah dan Al-Zalzalah tentang hukum fenomena alam dalam kehidupan
2.3 Menerapkan kandungan Al-Qari’ah, Al-Zalzalah
dalam fenomena kehidupan sehari-hari dan akibatnya
|
3. Memahami
hadits tentang menjaga dan melestarikan
|
3.1 Menulis Hadits tentang menjaga dan
melestarikan lingkungan alam lingkungan alam
3.2 Menerjemahkan makna Hadits tentang menjaga
dan melestarikan lingkungan alam
3.3 Menghafal Hadits tentang menjaga dan
melestarikan lingkungan alam
3.4 Menjelaskan keterkaitan isi kandungan Hadits
dalam perilaku menjaga dan melestarikan lingkungan alam dalam fenomena
kehidupan dan akibatnya
|
KELAS IX
SEMESTER 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
4. Membaca Al-Qur'an surat pendek pilihan
|
4.1 Menerapkan hukum bacaan mad, lam dan ro'
dalam QS. Al-Ashr dan Al-'Alaq
4.2 Menerapkan hukum bacaan mad lazim mukhoffaf
harfi dan mutsaqqol harfi dalam Al-Qur'an
|
5. Menerapkan Al-Qur'an surat-surat pendek
pilihan tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu
|
5.1 Memahami isi kandungan QS. Al-Ashr dan
Al-Alaq’ tentang menghargai waktu dan rnenuntut ilmu
5.2 Memahami
keterkaitan isi kandungan QS. Al-Ashr dan Al-Alaq tentang menghargai waktu
dan menuntut Umu dalam fenomena kehidupan
5.3 Menerapkan
kandungan QS. Al-Ashr dan Al-Alaq’ tentang menghargai
waktu dan menuntut ilmu dalam fenomena
kemdupan sehari-hari.
|
6. Memahami
hadits tentang menuntut ilmu dan menghargai waktu
|
6.1 Menulis
Hadits tentang menuntut ilmu dan menghargai waktu
6.2 Menerjemahkan makna menuntut ilmu dan
menghargai waktu
6.3 Menghafal Hadits tentang menuntut ihnu dan
menghargai waktu
6.4 Menjelaskan keterkaitan isi kandungan Hadits
dalam perilaku menuntut ilmu dan menghargai waktu dalam fenomena kehidupan
dan akibatnya
|
F. Arah
Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar
menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan
pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam
merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses
dan Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar