السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة

Rabu, 05 Agustus 2015

Aqidah Akhlak (Kurikulum)



AQIDAH-AKHLAK
A.   Latar Belakang
       Di dalam UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka salah satu bidang studi yang harus dipelajari oleh peserta didik di Madrasah adalah pendidikan agama Islam, yang dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.
       Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah terdiri atas empat mata pelajaran, yaitu: al-Qur'an-Hadits, Aqidah-akhlak, fiqh, dan tarikh (sejarah) kebudayaan Islam. Masing-masing mata pelajaran tersebut pada dasarnya saling terkait, isi mengisi dan melengkapi. Al-Qur'an-Hadits merupakan sumber utama ajaran Islam, dalam arti ia merupakan sumber aqidah-akhlak, syari'ah/fiqih (ibadah, muamalah), sehingga kajiannya berada di setiap unsur tersebut Aqidah (ushuluddin) atau keimanan merupakan akar atau pokok agama. Syariah/fiqih (ibadah, muamalah) dan akhlak bertitik tolak dari aqidah, yakni sebagai manifestasi dan konsekuensi dari aqidah (keimanan dan keyakinan hidup). Syari’ah/fiqih merupakan sistem norma (aturan) yang mengatur hubungan manusia dengan Allah, sesama manusia dan dengan makhluk lainnya. Akhlaq merupakan aspek sikap hidup atau kepribadian hidup manusia, dalam arti bagaimana sistem norma yang mengatur hubungan manusia dengan Allah (ibadah dalam arti khas) dan hubungan manusia dengan manusia dan lainnya (muamalah) itu menjadi sikap hidup dan kepribadian hidup manusia dalam menjalankan sistem kehidupannya (politik, ekonomi, sosial, pendidikan, kekeluargaan, kebudayaan/seni, iptek, olahraga/kesehatan, dan lain-lain) yang dilandasi oleh aqidah yang kokoh. Sedangkan tarikh (sejarah) kebudayaan Islam merupakan perkembangan perjalanan hidup manusia muslim dari masa ke masa dalam usaha bersyariah (beribadah dan bermuamalah) dan berakhlak serta dalam mengembangkan sistem kehidupannya yang dilandasi oleh aqidah.
       Pendidikan agama Islam (PAI) di Madrasah Tsanawiyah yang terdiri atas empat mata pelajaran tersebut memiliki karakteristik sendiri-sendiri. al-Qur'an-Hadits, menekankan pada kemampuan baca tulis yang baik dan benar, memahami makna secara tekstual dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya daiam kehidupan sehari-hari. Aspek aqidah menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan keyakinan/keimanan yang benar serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai asma' al-husna. Aspek Akhlak menekankan pada pembiasaan untuk melaksanakan akhlak terpuji dan menjauhi akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari Aspek Fiqh menekankan pada kemampuan cara melaksanakan ibadah dan muamalah yang benar dan baik. Sedangkan aspek Tarikh & kebudayaan Islam menekankan pada kemampuan mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, ipteks dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
       Mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Tsanawiyah adalah salah satu mata pelajaran PAI yang merupakan peningkatan dari akidah dan akhlak yang telah dipelajari oleh peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar. Peningkatan tersebut dilakukan dengan cara mempelajari tentang rukun iman mulai dari iman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rosul-rosul-Nya, hari akhir, sampai iman kepada Qadla dan Qadar yang dibuktikan dengan dalil-dalil naqli dan aqli, serta pemahaman dan penghayatan terhadap al-Asma al-Husna dengan menunjukkan ciri-ciri/tanda-tanda perilaku seseorang dalam realitas kehidupan individu dan sosial serta pengamalan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Secara substansial mata pelajaran Aqidah-Akhlak memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempelajari dan mempraktikkan aqidahnya dalam bentuk pembiasaan untuk melakukan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Al-Akhlaq al-karimah ini sangat penting untuk dipraktikkan dan dibiasakan oleh peserta didik dalam kehidupan individu, bermasyarakat dan berbangsa, terutama dalam rangka mengantisipasi dampak negatif dari era globalisasi dan krisis multidimensional yang melanda bangsa dan Negara Indonesia.
       Penyusunan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran Aqidah-Akhlak di Madrasah Tsanawiyah ini dilakukan dengan cara mempertimbangkan dan me-review Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi (SI) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam aspek keimanan/aqidah dan akhlak untuk SMP/MTs, serta memperhatikan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor: DJ.IL1/PP.OO/ED/681/2006, tanggal 1 Agustus 2006, Tentang Pelaksanaan Standar Isi, yang intinya bahwa Madrasah dapat meningkatkan kompetensi lulusan dan mengembangkan kurikulum dengan standar yang lebih tinggi.

B.   Tujuan
       Mata pelajaran Aqidah-Akhlak bertujuan untuk:
1.    Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang aqidah Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT.
2.    Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kehidupan individu maupun sosial, sebagai manifestasi dari ajaran dan nilai-nilai aqidah Islam.

C.   Ruang Lingkup
       Ruang lingkup mata pelajarcm Aqidah-Akhlak di Madrasah Tsanawiyah meliputi:
1.    Aspek aqidah terdiri atas dasar dan tujuan aqidah Islam, sifat-sjfat Allah, Al-Asma al-Husna, iman kepada Allah, kitab-kitab Allah, rasul-rasul Allah, Hari Akhir serta Qadha Qadar
2.    Aspek akhlaq terpuji yang terdiri atas bertauhid, ikhlas, taat, khauf, taubat, tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur, qana'ah, tawadlu', husnudz dzon, tasamuh dan ta'awun berilmu, kreatif, produktif dan pergaulan remaja.
3.    Aspek akhlaq tercela meliputi kufur, syirik, riya, nifaq, ananiah, ptrtus asa, ghadhab, tamak, takabbur, hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah.


D.   Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran Aqidah Ahlak (SKL-MP):
1.    Meningkatkan pemahaman dan keyakinan terhadap rukun iman melalui pembuktian dengan dalil naqli dan aqli, serta pemahaman dan penghayatan terhadap al-Asma' al-Husna dengan menunjukkan ciri-ciri/tanda-tanda perilaku seseorang dalam fenomena kehidupan dan pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari.
2.    Membiasakan akhlak terpuji seperti ikhlas, taat, khauf, taubat, tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur, qana'ah, tawadlu', husnudzon, tasamuh, ta'awun, berilmu, kreatif, produktif dan pergaulan remaja, serta menghindari akhlak tercela seperti riya, nifaq, ananiah, putus asa, ghadlab, tamak, takabbur, hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah.

E.   Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
       KELAS VII SEMESTER I
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Aqidah
1.    Memahami dasar dan tujuan Aqidah Islam

1.1 Menjelaskan dasar dan tujuan aqidah Islam
1.2  Menunjukkan dalil tentang dasar dan tujuan aqidah
1.3 Menjelaskan hubungan Iman, Islam dan Ihsan
1.4  Menunjukkan dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
2.    Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat Nya
2.1  Mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma'ani dan ma'nawiyah.
2.2  Menunjukkan bukti/dalil naqli dan aqli dan sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma'ani dan ma'nawiyah.
2.3 Menguraikan sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT.
2.4  Menunjukkan ciri-ciri/tanda perilaku orang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari.
Akhlaq
3.   Menerapkan akhlaq terpuji kepada Allah

3.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas, taat, khauf dan taubat
3.2  Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku ikhlas, taat, khauf dan taubat
3.3  Menunjukkan nilai-nilai positif dan perilku ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam fenomena kehidupan
3.4  Membiasakan perilaku ikhlas, taat, khauf dan taubat datam kehidupan sehari-hari







       KELAS VII SEMESTER II
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Aqidah
4.    Memahami Al-Asma al-Husna
4.1  Menguraikan 10 Al-Asma al-Husna (Al-Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi', Ar-Ro'uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-Adl, Al-Qayyum)
4.2  Menunjukkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui pemahaman terhadap 10 Al-Asma al-Husna (Al-Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi', Ar-Ro'uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-Adl, Al-Qayyum)
4.3  Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al- Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi', Ar-Ro'uf, Al-Baxr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-Adl, Al-Qayyum)
4.3  Meneladani sifat-sifat Allah yang terkanduug dalam 10 Al-Asma al-Husna (Al-Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi', Ar-Ro'uf, Al-Barr, Al-Ghattar, Al-Fattah, Al-Adi, Al-Qoyyum) dalam kehidupan sehari-hari
5.    Meningkatkan keimanan kepada malaikat - malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib selain malaikat

5.1  Menjelaskan pengertian iman kepada malaikat Allah   SWT  dan  makhluk  ghoib lainnya; seperti Jin, Iblis dan Setan
5.2  Menunjukkan bukti/dalil  kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghoib lainnya, seperti Jin, Iblis dan setan
5.3  Menjelaskan tugas, dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghoib lainnya; seperti Jin, Iblis dan setan
5.4  Menerapkan perilaku beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghoib lainnya; seperti Jin, Iblis dan setan dalam fenomena kehidupan.
Akhlaq
6.    Mengbindari akhlak tercela kepada Allah

6.1         Menjelaskan pengertian riya dan nifaq.
6.2  Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq
6.3  Menunjukkan nilai-nilai negative akibat perbuatan riya dan nifaq dalam fenomena kehidupan
64   Membiasakan din untuk menghindari perbuatan riya dan nifaq di|lam kehidupan sehari-hari.





       KELAS VIII SEMESTER I
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Aqidah
1.    Meningkatkan keimanan kepada kitab–kitab Allah SWT
1.1  Menjelaskan pengertian beriman kcpada kitab-kitab Allah SWT.
1.2 Menunjukkan   bukti/dalil   kebenaran   adanya kitab-kitab Allah SWT.
1.3  Menjelaskan macam-macam, fungsi dan isi kitab Allah
1.4         Menampilkan   perilaku   yang   mencerminkan beriman kepada Kitab Allah SWT.
Akhlaq
2.    Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri

2.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana'ah
2.2  Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana'ah
2.3 Menunjukkan nilai-nilai positif dan tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana'ah dalam fenomena kehidupan
2.4  Menampilkan perilaku tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana'ah
3.    Menghindari akhlak tercela kepada diri sendiri

3.1  Menjelaskan pengertian ananiab, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur
3.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur
3.3  Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur
3.4  Membiasakan diri menghindari perilaku ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur














       Kelas VIII Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Aqidah
4.    Meningkatkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah

4.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya berunan kepada Rasul-rasul Allah SWT.
4.2  Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya Rasul-rasul Allah SWT.
4.3 Menguraikan sifat-sifat Rasul-rasul Allah SWT
4.4 Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada rasul-rasul Allah dan mencintai Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan.
5.    Memahami mu'jizat dan kejadian luar biasa lainnya (karomah, maunah, dan irhash)

5.1 Menjelaskan pengertian mu'jizat dan kejadian luar biasa lainnya (karomah, maunah, dan irhash)
5.2  Menunjukkan hikmah adanya mu'jizat dan kejadian luar biasa lainnya (karomah, maunah, dan irhash) bagi rasul-rasul Allah dan orang-orang pilihan Allah
Akhlaq
6.    Menerapkan      akhlak terpuji kepada sesama

6.1  Menjelaskan pengertian dan pentingnya husnudz dzon, tawadlu', tasamuh dan ta'awun
6.2  Mengidentifikasi bentuk dan contoh perilaku husnudz dzon, tawadlu', tasamuh dan ta'awun
6.3  Menunjukkan nilai-nilai positif dari husnudz dzon, tawadlu', tasamuh dan ta'awun dalam fenomena kehidupan
6.4 Membiasakan perilaku husnudz dzon, tawadlu', tasamuh dan ta'awun dalam kehidupan sehari-hari.
7.    Menghindari  akhlak tercela kepada sesama

7.1  Menjelaskan pengertian hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah
7.2  Mengidentifikasi bentuk perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah
7.3  Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah
7.4         Membiasakan diri menghindari perilaku hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah dalam kehidupan sehari-hari

       KELAS IX SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Aqidah
1.    Meningkatkan keimanan kepada hari akhir dan alam gaib yang masih berhubungan dengan hari akhir.
1.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir.
1.2         Menunjukkan    bukti/dalil    kebenaran    akan terjadinya hari akhir.
1.3 Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan hari akhir.
1.4 Menjelaskan macam-macam alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir.
1.5 Menampilkan   perilaku   yang   mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
Akhlaq
2.    Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri
2.1  Menjelaskan pengertian dan pentingnya beriJmu, kerja keras, kreatif dan produktif.
2.2  Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif.
2.3 Menunjukkan nilai-nilai positif dari beriknu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam fenomena kehidupan.
2.4 Membiasakan perilaku perilaku berilmu, kerjaj keras, kreatif, dan produktif dalam kehidupan sehari-hari.

       KELAS IX SEMESTER 2
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Aqidah
3.    Meningkatkan keimanan kepada Qadla dan Qadar

3.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada Qadla' dan Qadar
3.2 Menunjukkan    bukti/dalil    kebenaran    akan adanya Qadla' dan Qadar
3.3  Menjelaslcan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan adanya Qadla' dan Qadar
3.4  Menunjukkan   ciri-ciri   perilaku   orang   yang beriman kepada qadha dan qadar Allah.
3.5 Menampilkan   perilaku   yang   mencerminkan keimanan kepada qadha dan qadar Allah.
Akhlaq
4.    Menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja

4.1         Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
4.2  Mengidentifikasi   bentuk  dan  contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
4.3 Menunjukkan   nilai   negatif akibat  perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan
4.4  Menampilkan perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari.

F.    Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikau Standar Proses dan Standar Penilaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar