BAHASA ARAB
A. Latar
Belakang
Dalam
era globalisasi, perkembangan teknologi komunikasi yang sangat cepat menjadikan
jarak bukan suatu hambatan untuk mendapatkan informasi dari berbagai penjuru
dunia. Oleh karena itu bahasa asing selain bahasa Inggris menjadi penting.
Dengan demikian semakin jelas bahwa penguasaaan bahasa asing selain bahasa
Inggris, dalam hal ini bahasa Arab, merupakan hal yang sangat mendesak. Banyak
informasi ilmu pengetahuan baik di bidang teknik, ilmu-ilmu murni, ekonomi,
psikologi maupun seni bersumber dari buku-buku berbahasa Arab. Selain itu
bahasa Arab merupakan sarana komunikasi dalam pengembangan dunia pariwisata dan
bisnis.
Bahasa
bukan hanya sebagai suatu bidang kajian, melainkan sebagai faktor sentral dalam
perkembangan intelektual, social, dan emosional peserta didik. Penguasaan
Bahasa Arab menjadi persyaratan penting bagi keberhasilan individu dalam
menjawab tantangan zaman di era globalisasi. Pembelajaran Bahasa Arab secara
formal di madrasah merupakan sarana utama bagi peserta didik untuk menguasai
bahasa Arab. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik dapat merespon secara
proaktif berbagai perkembangan informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi.
Melalui
pembelajaran bahasa Arab dapat dikembangkan keterampilan peserta didik dalam
berkomunikasi lisan dan tulisan untuk memahami dan menyampaikan informasi,
pikiran, dan perasaan. Dengan demkian mata pelajaran bahasa Arab berkembang
menjadi warga negara yang cerdas, terampil, dan berkepribadian Indonesia, dapat
mengembangkan ikau pengetahuan, teknologi, dan budaya serta siap mengambil
bagian dalam pembangunan nasional.
Mata
pelajaran Bahasa Arab merupakan suatu mata pelajaran yang diarahkan untuk
mendorong, membimbing, mengembangkan, dan membina kemampuan serta menumbahkan
sikap positif terhadap Bahasa Arab baik reseptif maupun produktif. Kemampuan
reseptif yaitu kemampuan untuk memahami pembicaraan orang lain dan sebagai alat
komunikasi baik secara lisan maupun secara tertulis. Kemampuan berbahasa Arab
serta sikap positif terhadap bahasa Arab tersebut sangat penting dalam membantu
memahami sumber ajaran Islam yaitu Al-Qur'an dan Hadits, serta kitab-kitab
berbahasa Arab yang berkenaan dengan Islam bagi peserta didik.
Untuk
itu, bahasa Arab di Madrasah dipersiapkan untuk pencapaian kompetensi dasar
berbahasa, yang mencakup empat keterampilan berbahasa yang diajarkan secara
integral, yaitu menyimak, berbicara., membaca, dan menulis. Meskipun bagitu,
pada tingkat pendidikan dasar (elementary)
dititikberatkan pada kecakapan menyimak dan berbicara sebagai landasan
berbahasa. Pada tingkat pendidikan menengah (intermediate), keempat kecakapan berbahasa diajarkan secara
seimbang. Sedangakan pada tingkat pendidikan lanjut (advanced) di konsentrasikan pada kecakapan membaca dan menulis,
sehingga peserta didik diharaplan mammpu mengakses berbagai referensi berbahasa
Arab.
B. Tujuan
Mata
pelajaran Bahasa Arab memiliki tujuan sebagai berikut.
1. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam
bahasa Arab, baik lisan maupun tulisan, yang mencakup empat kecakapan
berbahasa, yakni menyimak (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira'ati),
dan-menulis (kitabah).
2. Menumbuhkan
kesadaran tentang pentingnya Bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk
menjadi alat utama belajar Khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam.
3. Mengembangkan
pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas
cakrawala budaya. Dengan demikian pesertra didik diharankan memiliki wawasan
lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.
C. RuangLingkup
Ruang
lingkup pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah meliputi tema-tema yang
berupa wacana lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang
identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, rumahku, hobi, profesi,
kegiatan keagamaan dan lingkungan.
D. Standar
Kompetensi Lulusan (SKL)
1. Menyimak
Mampu memahami wacana lisan melalui
kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang
identitas diri, rumah ku, keluargaku, menanyakan alamat, jam, aktifitas di
sekolah, aktifitas di lumah, profesi, cita-cita, kegiatan keagamaan dan
lingkungan sekitar kita.
2. Berbicara
Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan,
perasaan, pengalaman, serta informasi melaui kegiatan berbicara dan bertanya
jawab tentan identitas diri, rumahku, keluargaku, menanyakan alamat, jam,
aktifitas di sekolah, aktifitas dirumah, profesi, cita-cita, kegiatan keagamaan
dan lilngkungan sekitar kita.
3. Membaca
Mampu memahami berbagai ragam teks tulis
dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, melalui kegiatan membaca,
menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang identitas diri, rumahku,
keluargaku, menanyakan alamat, jam, aktifitas di sekolah, aktifitas di rumah,
profesi, cita-cita, kegiatan keagamaan dan lingkungan sekitar kita.
4. Menulis
Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan,
perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis pikiran tentang
identitas diri, rumahku, keluargaku, menanyakan alamat, jam, aktifitas di
sekolah, aktifitas dirumah, profesi, cita-cita, kegiatan keagamaan dan
lingkungan sekitar kita.
E.
SK DAN KD BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYAH
1.
KELAS VII SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Menyimak
1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan
mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang ا لتعا رف
|
1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan
ujaran (kata, frasa, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang ا لتعا رف
dengan cara mencocokkan dan membedakan secara tepat.
1.2 Menemukan informasi dari berbagai bentuk
wacana lisan sederhana yang meliputi kata sapaan (التحىا
ت القاء), kata ganti tunggal
(للمفردالضميراسم) kata tunjuk (الاشارةاشم) dan kata depan (الجرا)
1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan
atau dialog sederhana yang menggunakan kata sapaan ( ا لقا ء
التحيا ت),
kata ganti tunggal المفراد الضميرالاسم)) kata tunjuk ( الاسارة
الاسم) dan kata depan (الخرادوت)
|
Berbicara
2. Mengungkapkan
pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman serta informasi melalui kegiatan bercerita
dan bertanya jawab tentang ا لتعا رف
|
2.1 Melakukan dialog sederhana dengan tepat
tentang (ا لتعا رف) dengan menggunakan kata sapaan (التحىا
ت القاء), kata ganti tunggal
المفراد الضميرالاسم)) kata tunjuk (الاسارة
الاسم ) dan kata depan (الخرادوت)
2.2 Menyampaikan informasi secara lisan dengan
lafal yang tepat dalam kalimat sederhana meliputi kata sapaan (التحىا ت القاء),
kata ganti tunggal (المفراد الضميرالاسم ), kata tunjuk (الاسارة الاسم) dan
kata depan (الخرادوت)
|
3 Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan,
pengalaman serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab
tentang ( مدرستي )
|
3.1 Melakukan dialog sederhana dengan lancar, tepat dan benar
menggunakan kata sapaan التحىا ت القاء), kata ganti tunggal (المفراد الضميرالاسم), kata tunjuk ((الاسارة
الاسم)), kata depan ((الخرادوت)), dan kata sifat (النعات), termasuk warna.
3.2
Menyampaikan informasi secara Iisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat
sederhana meliputi kata sapaan (التحىا ت القاء), kata ganti tunggal (المفراد الضميرالاسم),
kata tunjuk (الاسارة الاسم), dan kata depan (الخرادوت), dan kata sifat (النعات), termasuk warna.
|
Membaca
4. Memahami berbagai ragam teks tulis dalam
bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui
kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang (مدرستي)
|
4.1 Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah,
kata, frase, kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang
menggunakan kata sapaan (التحىا ت القاء)
Kata ganti tunggal (المفراد الضميرالاسم)
Kata tunjuk (الاسارة
الاسم)
Kata depan (الخرادوت)
Kata sifat (النعات) termasuk warna
4.2 Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat
dalam wacana tertulis sederhana meliputi kata sapaan (التحىا ت القاء) Ganti
tunggal (المفراد الضميرالاسم)
Tunjuk (الاسارة
الاسم)
Depan (الخرادوت)
Kata sifat (النعات) termasuk warna
4.3 Menemukan makna atau gagasan dari wacana
sederhana tentang (مدرستي) dengan tepat dan benar.
|
Menulis
5. Mengungkapkan
pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau non
fiksi melalui kegiatan menulis tentang
(ا لتعا رف)
|
5.1 Menulis dan melengkapi huruf hijaiyah, kata,
frasa, dan kalimat tentang taaruf dengan tanda baca yang tepat.
5.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis
dalam kalimat sederhana tentang (ا لتعا رف) dengan tepat menggunakan kata sapaan (التحىا ت القاء),
kata ganti tunggal (الضميرالاسم), kata tunjuk dan kata depan (الخرادوت)
|
6. Mengungkapkan
pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan infonnasi baik fiksi dan atau non
fiksi melalui kegiatan hijaiyah, kata,
frasa, dan kalimat tentang (مدرستي)
|
6.1 Menulis dan melengkapi huruf hijaiyah, kata
frase, dan kalimat tentang (مدرستي) dengan tanda baca yang tepat.
6.2 Mengungkapkan informasi/ gagasan secara
tertulis dalam kalimat sederhana tentang (مدرستي) dengan tepat
dan benar menggunakan kata sapaan (التحىا ت القاء)
Kata ganti tunggal (المفراد الضميرالاسم)
Kata tunjuk (الاسارة
الاسم)
Kata depan (الخرادوت)
Kata sifat (النعات) termasuk warna
|
Unsur kaidah
bahasa yang digunakan : mubtada dan khobar (kata sifat, termasuk warna),
mubtada dan khabar (الجرادوات)
|
KELAS
VII SEMESTER 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Menyimak
7. Memahami wacana lisan melalui kegiatan
mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang بيتي
|
7.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan
ujaran (kata, frasa, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang بيتي
dengan cara mencocokkan dan membedakan secara tepat.
7.2 Menemukan informasi dari berbagai bentuk
wacana lisan sederhana tentang بيتي dengan
menggunakan kalimat berstruktur
7.3 Memberikan tanggapan/ respons pada ide/ gagasan yang
terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang حبر+نعت dengan
menggunakan kalimat berstruktur مؤخرمبتدء+مقدم
|
Berbicara
8. Mengungkapkan
pikiran, gagasan, perasaan., pengalaman dan informasi melalui kegiatan
bercerita serta bertanya jawab tentang بيتي
|
8.1 Menyampaikan informasi secara lisan
tentang بيتي dengan lafal
dengan tepat dengan menggunakan kalimat berstruktur
مؤخرمبتدء+مقدم حبر+نعت
8.2 Melakukan dialog sederhana dengan lancar
tentang kecakapan berkomunikasi dengan tepat dengan menggunakan kalimat
berstruktur
مؤخرمبتدء+مقدم حبر+نعت
8.3 Bercerita tentang بيتي dengan
menggunakan kalimat sederhana dengan tepat dan benar dengan menggunakan
kalimal berstruktur مؤخرمبتدء+مقدم حبر+نعت
|
9. Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan,
pengalaman serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab
tentang اسزتي
|
9.1 Menyampaikan Informasi secara lisan dengan
lafal yang tepat dalam kalimat sederhana tentang اسزتي menggunakan kalimat
berstruktur meliputi mubtada dan khobar (berupa kata kerja/ fiil mudhari
mufrad)
9.2 Bercerita tentang اسزتي dengan menggunakan media gambar/ alat
peraga dan menerapkan struktur kalimat meliputi: mubtada dan khobar (berupa
kata kerja/ fill mudhari mufrad).
9.3 Melakukan tanya jawab tentang
اسزتي dengan
menerapkan kalimat berstruktur meliputi : mubtada dan khobar (berupa kata
kerja/ fiil mudhari mufrad).
|
10. Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan,
pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita serta bertanya jawab
tentang العنوات
|
10.1 Menjelaskan denah lokasi suatu obyek
(alamat) melalui kegiatan bercerita dengan menggunakan media gambar/ alat
peraga.
10.2 Memberikan tanggapan/ respons tentang
hitungan/ bilangan angka 1 -100 dengan lancar dan benar.
|
Membaca
11. Memahami
berbagai ragarn teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik
fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan
pokok pikiran tentang العنوات
|
11.1 Membaca nyaring, melafalkan huruf
hijaiyyah, kata, frase, kalimat sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi
yang berterima tentang العنوات dengan menerapkan hitungan 1 s/d 100.
11.2
Mengidentiflkasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana
meliputi bilangan 1 s/d 100.
11.3 Menemukan
informasi dari wacana tulis sederhana tentang sebuah lokasi/ alamat.
|
Membaca
12. Memahami berbagai ragam teks tulis dalam
bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui
kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan tentang اسرتي
|
12.1 Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah,
kata, frase, kalimat sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
tentang اسرتي dengan menerapkan kalimat berstruktur mubtada dan khobar
(berupa kata kerja/ fiil mudhari mufrad)
11.2
Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat sederhana dalaro wacana tertulis
sederhana tentang
اسرتي menggunakan kalimat berstruktur : mubtada dan khobar (berupa kata
kerja/ fiil mudhari mufrad)
11.3 Menemukan informasi dari wacana tulis
sederhana tentang اسرتي dengan menerapkan kafimat berstruktur
mubtada khobar (berupa kata kerja/ fiil mudhari mufrad).
|
Menulis
13. Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaar,
pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan
menulis tentang بيتي
|
13.1 Menulis
dan melengkapi huruf hijaiyah, kata, frasa, dan klimat tentang ciri dengan tanda baca yang tepat.
13.2 Menulis paragraph sederhana tentang بيتي
dengan menggunakan kalimat berstruktur مؤخرمبتدء+مقدم
حبر+نعت
13.2 Menulis tentang بيتي dengan menggunakan media gambar/ alat
peraga gambar/ foto yang dilihat dengan menggunakan kalimat berstruktur مؤخرمبتدء+مقدم حبر+نعت
|
14. Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan,
pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan
menulis tentang اسرتي
.
|
14.1 Menulis paragraph sederhana tentang اسرتي dengan menerapkan kalimat berstruktur
mubtada dan khobar (berupa kata kerja/ fiil mudhari mufrad)
14.2 Menulis cerita sederhana tentang yang
mencermlnkan kecakapan menggunakan kata, frase dan kalimat dengan menerapkan
kalimat berstruktur : mubtada dan khobar (berupa kata kerja/ fiil mudhari
mufrad)
|
KELAS VIII SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Menyimak
1 . Memahami wacana lisan melalui kegiatan
mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang السا عة
|
1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan
ujaran (kata, frasa, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang السا عة dengan cara mencocokkan dan
membedakan secara tepat.
1.2 Menemukan informasi dari berbagai bentuk
wacana lisan sederhana tentang السا عة yang meliputi bilangan bertingkat.
1.3 Memberikan tanggapan/ respons pada ide/ gagasan yang
terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang السا عة yang
meliputi bilangan bertingkat.
|
Berbicara
2. Mengungkapkan
pilciran, gagasan, perasaan, pengalaman serta informasi melalui kegiatan
bercerita serta bertanya jawab tentang السا عة
|
2.1 Menyampaikan informasi secara lisan dengan
lafal dan kalimat yang tepat melalui kegiatan bercerita tentang السا عة dengan menggunakan media gambar/ alat peraga dan
menerapkan kalimat meliputi : kata bilangan bertingkat.
2.2 Melakukan tanya jawab dengan lancar dan
tepat tentang السا عة dengan menggunakan alat peraga dan
struktur kalimat yang meliputi kata bilangan bertingkat.
|
3. Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan,
pengalaman serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab
tentang المدرسة في انشطتي
|
3.1 Menyampaikan informasi secara lisan tentang المدرسة في انشطتي dengan lafal yang tepat dan benar
dengan menggunakan kalimat berstruktur: mubtada + khabar + maf ul bih (jumlah
ismiyyah)
3.2 Melakukan dialog sederhana tentang المدرسة في
انشطتي dengan tepat dengan menggunakan kalimat berstruktur :
rnubtada + khabar + maf’ ul bih (jumlah ismiyyah).
3.3 Menjelaskan
tentang المدرسة في انشطتي melalui kegiatan bercerita dengan
tepat dan benar dengan menerapkan kalimat berstruktur: mubtada + khabar + maf’
ul bih (jumlah ismiyyah).
|
4. Mengungkapkan
pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman serta informasi melalui kegiatan
bercerita dan bertanya jawab tentang البيت في انشطتي
|
4.1 Menyampaikan informasi secara lisan dengan,
lafal dan kalimat yang tepat tentang البيت في انشطتي dengan
menggunakan media gambar/ alat peraga dan menerapkan struktur kalimat
meliputi : jumlah fi'liyyah.
4.2 Bercerita tentang البيت
في انشطتيdengan tepat dan benar menggunakan kalimat berstruktur jumlah
fi'liyyah.
4.3 Bercerita dengan menggunakan media gambar
aktivitas di rumah dengan tepat dan benar menggunakan kalimat berstniktur
jumlah fi'liyyah.
|
Membaca
5. Memahami berbagai ragam teks tulis dalam
bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui
kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikimn tentang المدرسة في انشطتي
|
5.1 Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah,
kata, frase; kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima tentang المدرسة في
انشطتي dengan
menerapkan kalimat berstruktur : mubtada + khobar + maf ul bih.
5.2 Mengidentifikasi kata, frase, atau kalimat
dalam wacana terrulis tentang المدرسة في انشطتي dan menerapkan
kalimat berstruktur: mubtada + khobar + maf’ul bih.
5.3 Menemukan informasi dan wacana tulis
sederhana tentang
المدرسة في انشطتي
|
6. Memahami berbagai ragam teks tulis dalam
bentuk gagasan atau dialog sederhana, balk fiksi dan atau non fiksi melalui
kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang البيت في انشطتي
|
6.1 Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah,
kata, frase, kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
tentang البيت في انشطتي dengan menggunakan kalimat berstruktur: jumlah fi'liyyah.
6.2 Mengidentifikasi kata, frase, atau kalimat
dalam wacana tertulis tentang kegiatan di rumah dengan menggunakan kalimat
berstruktur jumlah fi'liyyah.
6.3 Menemukan infomiasi dari wacana tulis
sederhana tentang البيت في انشطتي dengan menerapkan kalimat berstruktur:
jumlah fil'liyyah.
|
Menulis
7. Mengungkapkan
pikiran, gagasan, perasaan, pengalaraan dan informasi baik fiksi dan atau non
fiksi melalui kegiatan menulis tentang المدرسة في انشطتي
|
7.1 Menulis paragraph sederhana tentang المدرسة في انشطتي dengan menggunakan
struktur kalimat terdiri: mubtada + khobar + maf'ul bih (jumlah ismiyyah).
7.2 Menulis kegiatan siswa di sekolah dengan
menggunakan struktur kalimat terdiri: mubtada + khobar + maf'ul bih (jumlah
ismiyyah)
|
8. Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan,
pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan
ineringkas dan menulis tentang البيت في انشطتي
|
8.1 Menulis jadwal kegiatan harian di rumah
dengan menggunakan struktur kalimat terdiri: jumlah fi 'liyyah.
8.2 Menulis paragraph sederhana tentang kegiatan
sehari hari di rumah dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah fi
'liyyah.
|
KELAS
VIII SEMESTER 2
Menyimak
9. Memahami
wacana lisan melaJui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog
sederhana) tentangالهو اية
|
9.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan
ujaran (kata, frasa, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang الهو اية dengan tepat dan benar dengan menggunakan kalimat
berstruktur fiil mudhori dan kata an, lan, lii
9.2 Menemukan informasi dari berbagai bentuk
wacana lisan sederhana tentang hobi الهو اية dengan
menggunakan kalimat bcrstruktur fill mudhori mashdar shorih.
9.3 Memberikan tanggapan/ respons pada ide/
gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang الهو اية dengan menggunakan kalimat berstruktur fiil mudhori +
mashdar shorih.
|
10. Memahami wacana lisan melalui kegiatan
mendeugarkan (bertentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang المهتة
|
10.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan
ujaran (kata, frasa, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang المهتة dengan tepat dan benar dengan menggunakan kalimat
berstruktur fiil mudhori' dan kata an, lan, lii
10.2 Menemukan informasi umum dan atau rinci dari
berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang المهتة dengan
menggunakan kalimat bersturktur fiil mudhori'
dan kata an, lan, lii (ل لن لي)
10.3 Memberikan tanggapan/ respons pada ide/gagasan
yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang المهتة dengan menggunakan kalimat berstruktur mudhori dan
kata an, lan, lii (ل لن لي)
|
Berbicara
11. Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan,
pcngalaman serta inforntasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang الهواية
|
11.1 Bercerita tentang الهواية dengan lancar
dan tepat.
11.2 Melakukan wawancara dengan orang lain
tentang الهواية
|
12. Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan,
pengalaman serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab
tentang المهتة
|
12.1 Bercerita tentang المهتة secara tepat dan benar dengan
menggunakan kalimat berstruktur mudhori 'dasar dan kata an, lan, lii
12.2 Melakukan
tanya jawab tentang المهتة secara tepat dan benar dengan menggunakan
kalimat berstruktur fiil mudhori ' dan kata an, lan, lii (ل لن ان)
|
Membaca
13. Memahami berbagai ragam teks tertulis dalam
bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui
kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang الهواية
|
13.1 Membaca kata, frase, kalimat tentang الهواية
dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang beiterima dengan menggunakan kalimat
berstruktur fiil mudhori'+ mashdar shorih.
13.2
Mengidentifikasi kata, frase atau kalimat dalam wacana tertulis tentang hobi
dengan menggunakan kalimat berstruktury fiil mudhori'+ mashdar shorih.
133 Menemukan
informasi dari wacana tulis sederhana tentang الهواية dengan menggunakan fill mudhori' + masdhar
sharih.
|
14. Memahami berbagai ragam teks tulis dalam
bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dari atau non fiksi melalui
kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang المهتة
|
14.1 Membaca kata, frase, kalimat tentang المهتة dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang
berterima yang menggunakan fiil mudhori' dan kata an, lan, lii (ل لن ان)
14.2 Mengidentifikasi kata frase atau kalimat
dalam wacana tertulis tentang المهتة dengan
menggunakan kalimat berstruktur mudhori' dan kata an, lan, lii
14.3 Menemukan informasi dari wacana tulis
sederhana tentang المهتة dengan menggunakan kalimat
berstruktur mudhori' dan kata an, lan, lii (ل لن ان)
|
Menulis
15. Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman
dan informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan menulis tentang الهواية
|
15.1 Menulis paragraf sederhana tentang الهواية
dari beberapa teman sekelasnya.
15.2 Menulis beberapa hobi الهواية yang
disenangi.
|
16. Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan,
pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan
menulis tentang المهتة
|
16.1 Menulis paragraf sederhana tentang
jenis-jenis المهتة dengan menggunakan kalimat berstruktur fiil mudhori' dan kata
an, lan, lii
16.2 Menulis profesi anggota keluarga siswa
menggunakan kalimat berstruktur fiil mudhori' dan kata an, lan, lii (ل لن ان)
|
KELAS IX SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Menyimak
1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan
mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang even-even
keagamaan المناسبات الدينية
|
1.1 Mengidentifikasi
bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frasa, atau kalimat) dalam suatu
konteks wacana lisan tentan even-even keagamaan المناسبات
الدينية dengan
cara mencocokkan dan membedakan secara tepat dan menerapkan kalimat
berstruktur fiil madhi dasar atau lam nafi dan laa nahiyah dan struktur jumlah
idhofah.
1.2 Menemukan informasi dari berbagai bentuk
wacana lisan sederhana tentang kegiatan keagamaan dengan menggunakan kalimat
berstruktur fill madhi الفعل الماضي dasar atau kata
lam naif dan laa nahiyah dan strukturjumlah idhofah.
1.3 Memberikan
tanggapn/ respons yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana
tentang kegiatan keagamaan dengan menggunakan kalimat berstruktur fill
madhi الفعل
الماضي dasar atau kata lam
nafi dan laa nahiyah dan struktur jumlah idhofah.
1.4 Mengungkapkan
kembali cerita yang telah didengar tentang kegiatan keagamaan dengan menggunakan
kalimat berstruktur fill madhi الفعل الماضي dasar atau kata
lam nafi dan laa nahiyah dan struktur jumlah idhofah.
|
Berbicara
2. Mengungkapkan
pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman serta informasi melalui kegiatan
bcrcerita dan bertanya jawab tentang even-even keagamaan المناسبات الدينية
|
2.1 Mengemukakan pendapat dalam diskusi
sederhana tentang pembentukan kepanitiaan dalam suatu kegiatan keagamaan.
2.2 Melakukan Tanya jawab tentang kegiatan keagamaan.
2.3 Bercerita tentang hari atau tanggal
bersejarah umat Islam.
|
Membaca
3. Memahami berbagai ragam teks tulis dalam
bentuk gagasan atau dialog sederhana baik fiksi dan atau non fiksi melalui
kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang even-even
keagamaan
المناسبات الدينية
|
3.1 Membaca nyaring huruf hijaiyyah, kata, frase
dan kalimat tentang suatu kegiatan keagamaan dengan ucapan, tekanan dan
intoriasi yang berterima yang menggunakan fiil madhi الفعل الماضي Dasar atau kata lam
nafi dan laa nahiyah dan struktur jumlah idhofah.
3.2 Mengidentifikasi kata, frase atau kalimat
dalam wacana tertulis sederhana tentang kegiatan keagamaan dengan menggunakan
fiil madhi dasar dan atau kata lam nafi dan laa nahiyah dan struktur jumlah
idhofah.
3.3 Menemukan informasi dari wacana tulis
tentang kegiatan keagamaan dengan menggunakan fiil madhi الفعل الماضي dasar atau kata lam nafi dan laa nahiyah dan struktur jumlah
idhofah.
|
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan,
pengalaman dan informal baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan
tentang even-even keagamaan المناسبات الدينية
|
4.1 Menulis paragraph tentang kegiatan keagamaan
di daerahnya masing-masing dengan menggunakan fiil madhi الفعل الماضي dan atau kata lam nafi dan laa nahiyah dan struktur
jumlah idhojah.
4.2 Menulis pengalarnan menarik dalam suatu
kegiatan keagamaan disekolah dengan menggunakan fiil madhi dan atau kata lam
nafi dan laa nahiyah dan struklur jumlah idhofah.
4.3 Menulis paragraf tentang macam-macam
kegiatan keagamaan umat Islam
|
KELAS IX SEMESTER 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Menyimak
5. Memahami wacana lisan melalui kegiatan
mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang berwisata النفسي عن الترويح
|
5.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan
ujaran (kata, frasa, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang
berwisata النفسي عن الترويح dengan cara mencocokkan dan
mernbedakan secara tepat dengan menggunakan struktur kalimat meliputi: isim
tafdhil اسم التفضيل
5.2 Menemukan informasi dari berbagai bentuk
wacana lisan sederhana lentang ciptaan Allah dengan menggunakan struktur
kalimat meliputi: isim tafdhil اسم التفضيل
5.3 Memberikan tanggapan/ respons pada ide/
gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog gagasan yang terdapat
pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang lingkungan sekitar kita.
5.4 Mengungkapkan kembali cerita yang telah
didengar tentang pemandangan alam sekitar.
|
Berbicara
6. Mengungkapkan
pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman serta informasi melalui kegiatan
bercerita dan bertanya jawab tentang berwisata النفسي عن الترويح
|
6.1 Mengemukakan pandapat dalam diskusi
sederhana tentang lingkungan sekitar kita dengan menggunakan isim tafdhil اسم
التفضيل
6.2 Melakukan tanya jawab tentang kerusakan
alam.
6.3 Berbicara tentang lingkungan sekitar kita
dalam bentiik laporan deskriptif sederhana dan atau berpidato الحطابة
sederhana.
|
Membaca
7. Memahami berbagai rag£im teks tulis dalam
bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi meiaiui
kegiatan membaca. menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang berwisata النفسي عن
الترويح
|
7.1 Mernbaca teks pidato الحطابة tentang
hikmah penciptaan langit dan bumi dan atau pelestarian lingkungan dengan
makhroj dan intonasi yang baik dan benar.
7.2 Mengidentifikasi kata. frase atau kalimat
dalam wacana tertulis sederhana tentang lingkungan dengan menggunakan
struktur kalimat meliputi fiil mujarrod dan mazid, isim mawshul dan isim
tafdhil.
7.3 Menemukan makna atau gagasan dari wacana
tulis tentang lingkungan sekitar kita
|
Menulis
8. Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan,
pengalaman dan infonnast baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan
meringkas dan menulis tentang berwisata النفسي عن الترويح
|
8.1
Menulis paragraf tentang lingkungan
sekitar kita dengan menggunakan fiil mujarrod dan mazid, isim mawshul dan
isim tafdhil
8.2 Membuat/ menulis laporan perjalanan tentang
pemandangan alam di daerah masing-masing dalam bentuk deskriptif dengan
pilihan kata yang tepat dan terpadu.
|
F. Arah
Pengembangan
Standar kompetensi
dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi
pokok, kegiatan pernbelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar