SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
A. Latar
Belakang
Di
dalam UU No, 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa
pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta
peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,
bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,
berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta
bertanggung jawab. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka salali satu bidang
studi yang harus dipelajari oleh peserta didik di Madrasah adalah pendidikan
agama Islam, yang dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia
yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.
Pendidikan
Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah terdiri atas empat mata pelajaran, yaitu:
al-Qur'an-Hadits., Aqidah-akhlak, fiqh, dan tarikh (sejarah) kebudayaan Islam.
Masing-masing mata pelajaran tersebut pada dasarnya saling terkait, isi mengisi
dan melengkapi. Al-Qur'an-Hadits merupakan sumber utama ajaran Islam, dalam
arti ia merupakan sumber aqidah-akhlak, syari'ah/fiqih (ibadah, muamalah),
sehingga kajiannya berada di setiap unsur tersebut. Aqidah (ushuluddin) atau
keimanan merupakan akar atau pokok agama. Syariah/fiqih (ibadah, muamalah) dan
akhlak bertitik tolak dari aqidah, yakni sebagai manifestasi dan konsekuensi
dari aqidah (keimanan dan keyakinan hidup). Syari’ah/fiqib merupakan sistema
norma (aturan) yang mengatur bnbungan manusia dengan Allah, sesama manusia dan
dengan makhluk lainnya. Akhlaq merupakan aspek sikap hidup atau kepribadian
hidup manusia, dalam arti bagaimana sistema norma yang mengatur hubungan
manusia dengan Allah (ibadah dalam arti khas) dan hubungan manusia dengan
manusia dan lainnya (muamalah) itu menjadi sikap hidup dan kepribadian hidup
manusia dalam menjafankan sistem kehidupannya. (politik, ekonomi, sosial,
pendidikan, kekeluargaan, kebudayaan/seni, iptek, olahraga/kesehatan, dan
lain-lain) yang dilandasi oleh aqidah yang kokoh. Sedangkan tarikh (sejarah)
kebudayaan Islam merupakan perkembangan perjalanan hidup manusia muslim dari
masa ke masa dalam usaha bersyariah (beribadah dan bermuamalah) dan berakhlak
serta dalam mengembangkan sistem kehidupannya yang dilandasi oleh aqidah.
Pendidikan
agama Islam (PAI) di Madrasah Tsanawiyah yang terdiri dari empat mata pelajaran
tersebut memiliki karakteristik sendiri-sendiri. al-Qur'an-Hadits, menekankan pada
kemampuan baca tulis yang baik dan benar, memahami makna secara tekstual dan
kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari Aspek
aqidah menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan keyakinan/keimanan
yang benar serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai al-asma' al-husna.
Aspek Akhlak menekankan pada pembiasaan untuk melaksanakan akhlak terpuji dan
menjauhi akhlak tcrcela dalam kehidupan sehari-hari. Aspek Fiqh menekankan pada
kemampuan cara melaksanakan ibadah dan muamalah yang benar dan baik. Sedangkan
aspek Tarikh & kebudayaan Islam menekankan pada kemampuan mengambil ibrah
dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh
berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi,
IPTEK dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan persdaban Islam.
Sejarah
Kebudayaan Islam di MTs merupakan salah satu mata pelajaran yang menelaah
tentang asal-usul, perkembangan, peranan kebudayaan/peradaban Islam dan para
tokoh yang berprestasi dalam sejarah Islam di masa lampau, mulai dari
perkembangan masyarakat Islam pada masa Nabi Muhammad SAW dan
Khuiafaurrasyidin, Bani ummayah, Abbasiyah, Ayyubiyah sampai perkembangan Islam
di Indonesia, Secara substansial mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam
memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk
mengenal, memahami, menghayati Sejarah Kebudayaan Islam, yang mengandung
nilai-nilai kearif an yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan, membentuk
sikap, watak dan kepribadian peserta didik.
Penyusunan
Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Kompelensi (SK) dan Kompetensi Dasar
(KD) mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Tsanawiyah ini dilakukan
dengan cara mempertimbangkan dan mereview Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk Satuan
Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor
22 Tahun 2006 tentang Standar Isi (SI) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan
Menengah, terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam aspek Tarikh
& Kebudayaan Islam untuk SMP/MTs, serta memperhatikan Surat Edaran Dirjen
Pendidikan Islam Nomor: DJ.II.1/PP.OO/ED/681/2006, tanggal 1 Agustus 2006,
Tentang Pelaksanaan Standar Isi, yang intinya bahwa Madrasah dapat meningkatkan
kompetensi lulusan dan mengembangkan kurikulum dengan Standar yang lebih
tinggi.
B. Tujuan
Mata
pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan-kemampuan sebagai berikut:
1. Membangun
kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran,
nilai-nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah SAW dalam
rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
2. Membangun kesadaran peserta didik tentang
pentingnya waktu dan teinpat yang merupakan sebuah proses dad masa lampau, masa
kini dan masa depan
3. Melatih
daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan
didasarkan pada pendekatan ilmiah.
4. Menumbuhkan
apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam
sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.
5. Mengembangkan
kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa
bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya
dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, IPTEK dan lain-lain untuk
mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
C. Ruang
Lingkup
Cakupan
kurikulum Sejarah Kebudayan Islam di Madrasah Tsanawiyah meliputi:
1. Pengertian
dan tujuan mempelajari sejarah kebudayaan Islam
2. Memahami
sejarah Nabi Muhammad SAW periode Mekkah
3. Memahami
sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah
4. Memahami
peradaban Islam pada masa Khulafaurrasyidin
5. Perkembangan
masyarakat Islam pada masa Dinasti Bani Umaiyah
6. Perkembangan
masyarakat Islam pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
7. Perkembangan
masyarakat Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
8. Memahami
perkembangan Islam di Indonesia
D. Standar
Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran (SKL-MP) SKI
1. Meningkatkan
pengenalan dan kemampuan mengambil ibrah terhadap peristiwa penting sejarah
kebudayaan Islam mulai perkembangan masyarakat Islam pada masa Nabi Muhammad
SAW dan para khulafaurrasyidin, Bani Umaiyah, Abbasiyah, Al-Ayyubiyah sampai
perkembangan Islam di Indonesia.
2. Mengapresiasi
fakta dan makna peristiwa-peristiwa bersejarah, dan mengkaitkannya dengan
fenomena kehidupan sosial, budaya, politik, ekonomi, dan ipteks.
3. Meneladani
nilai-nilai dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam peristiwa bersejarah.
E. Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar
KELAS
VII SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami sejarah kebudayaan Islam
|
1.1 Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam.
1.2 Menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari
sejarah kebudayaan Islam.
1.3 Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam.
|
2. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode
Mekkah
|
2.1 Mendeskripsikan misi Nabi Muhammad SAW
sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan
keraajuan masyarakat.
2.2 Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW
sebagai rahrnat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan
kemajuan masyarakat untuk masa kini dan yang akan datang.
2.3 Meneladani perjuangan Nabi Muhammad dan para
Sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah.
|
3. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode
Madinah
|
3.1 Mendeskripsikan sejarah Nabi Muhammad SAW
dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
3.2 Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW
dalam membangun masyarakat melalui kegmtan ekonomi dan perdagangan untuk masa
kini dan yang akan datang
3.3 Meneladani semangat perjuangan Nabi dan para
Sahabat di Madinah
|
KELAS VH
SEMESTER 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
4. Memahami
sejarah perkembangan Islam pada masa Khulalaurrasyidin
|
4.1 Menceritakan berbagai prestasi yang dicapai
oleh Khulafaurrasyidin
4.2 Mengambil ibrah dari prestasi-prestasi yang
dicapai oleh Khulafaurrasyidin untuk masa kini dan yang akan datang
4.3 Meneladani gaya
kepemimpinan Khulafaurrasyidin
|
5. Memahami
perkembangan Islam pada masa Bani Umaiyah
|
5.1 Menceritakan sejarah berdirinya daulah
Umaiyah
5.2 Mend eskripsikan perkembangan kebudayaan / peradaban
Islam paua masa Bani Umaiyah
5.3 Mengidentifikasi tokoh ilmuwan, muslim dan
perannya dalam kemajuan kebudayaan / peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
5.4 Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan
/ peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datang
5.5 Meneladani kesederhanaan dan keshalehan Umar
bin Abdul Aziz
|
KELAS
VIII SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami
perkembangan Islam pada masa Bani Abbasiyah
|
1.1 Menceritakan sejarah berdirinya daulah
Abbasiyah
1.2 Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan /
peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
1.3 Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan
perannya dalam kemajuan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
1.4 Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan
/ peradaban Islam pada rnasa Bani Abbasiyah untuk masa kini dan yang akan
datang
1.5 Meneladani Ketekunan dan kegigihan Bani
Abbasiyah
|
KELAS
VIII SEMESTER 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
2. Memahami
perkembangan Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
|
2.1 Menceritakan sejarah berdirinya Dinasti
al-Ayyubiyah
2.2 Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan /
peradaban Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
2.3 Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dari
perannya dalam kemajuan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Al
Ayyubiyah
2.4 Mengambil ibrah dari perkembangau kebudayaan
/ peradaban Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah untuk masa kini dan yang
akan datang
2.5 Meneladani sikap keperwiraan shalahuddin Al
Ayyubi
|
KELAS IX
SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami
perkembangan Islam di Indonesia
|
1.1 Menceritakan sejarah masuknya Islam di
Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
1.2 Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam
di Jawa, Sumatera dan Sulawesi
1.3 Mengidentifikasi para tokoh dan perannya
dalam perkembangan Islam di Indonesia
1.4 Meneladani semangat para tokoh yang berperan
dalam perkembangan Islam di Indonesia
|
KELAS IX
SEMESTER 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
2. Memahami
sejarah tradisi Islam Nusantara
|
2.1 Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian
dari tradisi Islam
2.2 Memberikan
apresiasi terhadap tradisi
dan upacara adat kesukuan Nusantara.
|
F. Arab Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi
dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan
pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam
merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar
Proses dan Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar