UPAYA
WAKAKES DALAM MENINGKATKAN KEGIATAN YASINAN
SETIAP HARI
JUM’AT DI MADRASAH ALIYAH
NURURRODHIYAH
KOTA JAMBI
DISUSUN OLEH :
MARIA ULFA
ERLIN PW
MADRASAH
ALIYAH NURURRODHIYAH KOTA JAMBI
2013
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa atas
berkat dan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Proposal Penelitian
ini yang berjudul “Upaya Wakakes dalam meningkatkan Kegiatan Yasinan setiap
“Jum’at” dan Penyelesaian Proposal ini, tentunya tidak lepas dari bantuan
berbagai Pihak, untuk itu kami menyampaikan rasa hormat dan terima kasih yang
sebesar-besarnya kepada Bapak Said Saleh, M.Pd.I sebagai guru pembimbing.
Kami menyadari Proposal penelitian ini masih jauh dari
kesempurnaan, oleh sebab itu kami membutuhkan kritik dan saran yang membangun
terhadap isi Proposal penelitian ini, penulis mengharapkan bahan masukan untuk
penulisan isi proposal selanjutnya, semoga Proposal penelitian ini bermanfaat
bagi pembaca.
Jambi, 4 Februari 2013
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL...................................................................................................... i
KATA PENGANTAR.................................................................................................... ii
DAFTAR ISI............................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah................................................................... 1
B. Rumusan Masalah............................................................................. 1
C. Batasan Masalah............................................................................... 1
D. Tujuan dan Manfaat Penelitian......................................................... 1
E. Kerangka Teori.................................................................................. 2
BAB II METODOLOGI
PENELITIAN
A. Ruang Lingkup................................................................................... 4
B. Sumber Data...................................................................................... 4
C. Setting Penelitian.............................................................................. 4
D. Instrumen Pengumpulan Data.......................................................... 4
E. Jadwal Penelitian............................................................................... 4
BAB III TEMUAN
DILAPANGAN DAN PEMBAHASAN
A. Penyebab Siswa di Madrasah Aliyah
Nururrodhiyah tidak ikut Yasinan 6
B. Observasi Pengamatan..................................................................... 7
BAB IV PENUTUP
A. Kesimpulan........................................................................................ 8
B. Saran.................................................................................................. 8
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Kami melihat banyak sekali siswa
kelas XII yang tidak mengikuti acara yasinan setiap hari jum’at, dari itu kami
ingin memilih judul “Upaya Wakakes dalam Meningkatkan Kegiatan Yasinan setiap
Jum’at”, agar saya bisa meneliti kelas XII apa sebab mereka banyak yang tidak
mengikuti yasinan setiap hari jum’at.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah
diatas, maka saya merumuskan masalah dengan pertanyaan sebagai berikut :
-
Apa
yang menyebabkan siswa kelas XII tidak mengikuti yasinan ?
-
Bagaimana
upaya Wakakes dalam meningkatkan kegiatan yasinan setiap Jum’at ?
C.
Batasan Masalah
Mengenai Penelitian Upaya Wakakes
dalam meningkatkan Kegiatan Yasinan setiap Jum’at saya fokuskan dengan
membatasi penelitian hanya meneliti kelas XII.
D.
Tujuan dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan
-
Untuk
mengetahui sebab siswa kelas XII tidak mengikuti Yasinan seitap Jum’at.
-
Untuk
mengetahui upaya Wakakes dalam meningkatkan kegiatan Yasinan setiap Jum’at.
2. Manfaat
Agar peneliti bisa memenuhi tugas
dari guru mata pelajaran
E.
Kerangka Teori
1. Definisi Al-Qur’an
Arti Qur’an menurut pendapat yang paling kuat seperti yang dikemukakan
dari Subhi Al Salih berarti bacaan, asal kata Qara’a. kata Al-Qur’an itu
berbentuk masdar dengan isim maf’ul yaitu maq’ra (dibaca).
Adapun defenisi Al-qur’an adalah “Kalam Allah SWT yang
merupakan mukjizat yang diturunkan (diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW, dan
ditulis di mushap dan diriwayatkan dengan mutawatir serta membacanya adalah
ibadah.
Banyak ayat Al-Qur’an yang mengisyaratkan tentang pengobatan
karena Al-qur’an itu sendiri diturunkan sebagai penawar dan rahmat bagi
orang-orang mukmin.
“Dan kami menurunkan AL-Qur’an sebagai penawar dan rahmat
untuk orang-orang yang mukmin” (QS. Al Isra / 17 : 82)
2. Manfaat Membaca Al-qur’an
Selain mendekatkan diri dengan yang Maha Esa, membaca
Al-Qur’an juga dapat memberikan kita kenikmatan tersendiri bagi yang sering
melakukannya.
Banyak sekali manfaat yang terdapat dalam Al-qur’an, apabila
kita sering mengamalkannya selain kita dapat pahala yang lebih karena membaca
kita Al-Qur’an.
3. Adab Membaca Al-qur’an
-
Membersihkan
mulut dengan bersiwak sebelum membaca Al-Qur’an.
-
Membaca
Al-Qur’an ditempat yang bersih seperti masjid, dsb.
-
Menghadap
kiblat.
-
Membaca
Ta’awudz (A’udzu billahi minassyaithonirrajin) ketika mulai membaca Al-Qur’an.
Firman Allah Ta’ala (Apabila membaca Al-Qur’an maka mohonlah
perlindungan Allah dari godaan syaitan yang terkutuk).
-
Membaca
bismillahirahmanirrahim.
-
Khusu’
dan teliti pada setiap ayat yang dibaca.
-
Memperindah,
melagukan dan memerdukan suara dalam membaca Al-Qur’an.
-
Pelan
dan tidak tergesa-gesa dalam membaca Al-Qur’an.
-
Memperhatikan
bacaan (yang panjang dipanjangkan, dan yang pendek dipendekkan).
-
Berhenti
untuk berdo’a ketika membaca ayat rahmat dan ayat azab.
BAB II
METODOLOGI PENELITIAN
A.
Ruang Lingkup
Penelitian ini adalah penelitian
sosial yang diadakan pada tanggal “4 Februari 2013” di Madrasah Aliyah
Nururrodhiyah dengan judul “Upaya Wakakes dalam Meningkatkan Kegiatan Yasinan
setiap hari Jum’at”.
B.
Sumber Data
1. Data Primer
-
Mengapa
siswa banyak tiak mengikuti yasinan ?
-
BAgaimana
cara agar siswa mengikuti yasinan ?
2. Data Sekunder
Dokumentasi
C.
Setting Penelitian
Saya meneliti tentang judul diatas
karena saya masih Sekolah di Nururrodhiyah dan jaraknya mudah terjangkau oleh
Angkot.
D.
Instrumen Pengumpulan Data
-
Wawancara
-
Observasi
-
Dokumentasi
E.
Jadwal Penelitian
Penelitian dilakukan selama bulan Februari 2013
Tabel 1. Jadwal Penelitian
No
|
Kegiatan
|
Bulan
Februari
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Mengajukan
Judul
|
√
|
|
|
|
2
|
Mengajukan
Proposal
|
√
|
|
|
|
3
|
Presentasi
Proposal
|
|
√
|
|
|
4
|
Perbaikan
Proposal
|
|
√
|
|
|
5
|
Pengumpulan
Data
|
|
|
√
|
|
6
|
Analisis
Data
|
|
|
√
|
|
7
|
Presentasi
Penelitian
|
|
|
|
√
|
8
|
Pembukuan
Penelitian
|
|
|
|
√
|
BAB III
TEMUAN DILAPANGAN DAN PEMBAHASAN
A.
Penyebab Siswa di Madrasah Aliyah
Nururrodhiyah tidak ikut Yasinan
Mengapa siswa tidak mengikuti yasinan
Dari hasil penelitian kami dengan
Bapak Junaidi, S.Ag dengan pertanyaan sebagai berikut :
1. Menurut Bapak seberapa penting
anak-anak mengikuti yasinan setiap Jum’at ?
-
Untuk
melatih siswa agar terbiasa menghafalkan yasin, tahlil serta do’a sehingga
siswa menjadi fasih dan hafal.
-
Untuk
menuntun siswa agar menjadi anak yang soleh dan sholehah
-
Agar
siswa selalu minta ampun kepada Allah agar dosa-dosanya diampunkan oleh Allah
SWT dan apa-apa amal yang dibacakannya disampaikan kepada orang yang dimaksud.
-
Untuk
menciptakan siswa menjadi kaum muslimin dan muslimat yang sejati dan selalu
menciptakan silaturahmi.
2. Bagaimana pendapat Bapak, untuk
mengatasi tentang murid-murid kelas XII yang tidak mengikuti yasinan setiap
Jum’at ?
-
Memberi
bimbingan tentang ajaran agama begitu pentingnya tentang kegiatan tersebut
sehingga berguna untuk dirinya dan orang banyak.
-
Memberikan
teguran terhaap siswa tersebut.
-
Memberikan
sanksi terhadap siswa tersebut, misalnya disuruh menghafal tentang do’a-do’a
atau ayat Al-qur’an.
3. Kendala apa yang Bapak hadapi dalam
meningkatkan kedisiplinan siswa alam mengikuti Yasinan ?
-
Kehadiran
siswa selalu terlambat datang sehingga sulit untuk memotivasi terhadap siswa
tersebut.
-
Siswa
tersebut kurang menyadari tentang kegiatan tersebut sehingga interaksi terhadap
siswa tersebut tidak terbina.
4. Usaha apa saja yang sudah dilakukan
untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mengikuti Yasinan ?
-
Memberi
/ mengulangi siswa membaca Yasin dan Tahlil kepada siswa tersebut.
B.
Observasi Pengamatan
Setelah saya melakukan wawancara berdasarkan
pengamatan Bapak Junaidi, S.Ag bahwasanya siswa tidak ikut Yasinan dikarenakan
sering datang terlambat
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari
hasil wawancara dan pengamatan yang dilakukan hamper kurang satu bulan, maka
saya akan menyimpulkan bahwa anak di Madrasah yang tidak mengikuti yasinan
dikarenakan mereka sering datang terlambat dan mereka susah untuk dipaksa oleh
pihak guru.
Upayanya :
-
Guru
sudah menasehati dan selalu mengawasi perkembangan siswa.
-
Guru
selalu mengabsen siswa yang tidak ikut yasinan.
B.
Saran
Guru
harus lebih tegas dalam bertindak untuk kemajuan sekolah kita tercinta dan
murid yang tidak ikut yasinan harus diberikan hukuman yang membuat siswa tersebut menjadi jerah.
DAFTAR PUSTAKA
www. Wikipedia.pendidikan.com
Dokumen madrasah Aliyah Nururrodhiyah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar