السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة

Karya Ilmiah Siswa


UPAYA WAKAKES DALAM MENINGKATKAN KEGIATAN YASINAN
SETIAP HARI JUM’AT DI MADRASAH ALIYAH
NURURRODHIYAH KOTA JAMBI






DISUSUN OLEH :

MARIA ULFA
ERLIN PW





MADRASAH ALIYAH NURURRODHIYAH KOTA JAMBI
2013
KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Proposal Penelitian ini yang berjudul “Upaya Wakakes dalam meningkatkan Kegiatan Yasinan setiap “Jum’at” dan Penyelesaian Proposal ini, tentunya tidak lepas dari bantuan berbagai Pihak, untuk itu kami menyampaikan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Said Saleh, M.Pd.I sebagai guru pembimbing.
Kami menyadari Proposal penelitian ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh sebab itu kami membutuhkan kritik dan saran yang membangun terhadap isi Proposal penelitian ini, penulis mengharapkan bahan masukan untuk penulisan isi proposal selanjutnya, semoga Proposal penelitian ini bermanfaat bagi pembaca.

Jambi, 4 Februari 2013

Penulis












DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL...................................................................................................... i
KATA PENGANTAR.................................................................................................... ii
DAFTAR ISI............................................................................................................... iii

BAB I        PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah................................................................... 1
B.      Rumusan Masalah............................................................................. 1
C.      Batasan Masalah............................................................................... 1
D.     Tujuan dan Manfaat Penelitian......................................................... 1
E.      Kerangka Teori.................................................................................. 2

BAB II       METODOLOGI PENELITIAN
A.      Ruang Lingkup................................................................................... 4
B.      Sumber Data...................................................................................... 4
C.      Setting Penelitian.............................................................................. 4
D.     Instrumen Pengumpulan Data.......................................................... 4
E.      Jadwal Penelitian............................................................................... 4

BAB III      TEMUAN DILAPANGAN DAN PEMBAHASAN
A.      Penyebab Siswa di Madrasah Aliyah Nururrodhiyah tidak ikut Yasinan         6
B.      Observasi Pengamatan..................................................................... 7

BAB IV      PENUTUP
A.      Kesimpulan........................................................................................ 8
B.      Saran.................................................................................................. 8

DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang Masalah
Kami melihat banyak sekali siswa kelas XII yang tidak mengikuti acara yasinan setiap hari jum’at, dari itu kami ingin memilih judul “Upaya Wakakes dalam Meningkatkan Kegiatan Yasinan setiap Jum’at”, agar saya bisa meneliti kelas XII apa sebab mereka banyak yang tidak mengikuti yasinan setiap hari jum’at.

B.      Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka saya merumuskan masalah dengan pertanyaan sebagai berikut :
-          Apa yang menyebabkan siswa kelas XII tidak mengikuti yasinan ?
-          Bagaimana upaya Wakakes dalam meningkatkan kegiatan yasinan setiap Jum’at ?

C.      Batasan Masalah
Mengenai Penelitian Upaya Wakakes dalam meningkatkan Kegiatan Yasinan setiap Jum’at saya fokuskan dengan membatasi penelitian hanya meneliti kelas XII.

D.     Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.      Tujuan
-            Untuk mengetahui sebab siswa kelas XII tidak mengikuti Yasinan seitap Jum’at.
-            Untuk mengetahui upaya Wakakes dalam meningkatkan kegiatan Yasinan setiap Jum’at.

2.      Manfaat
Agar peneliti bisa memenuhi tugas dari guru mata pelajaran

E.      Kerangka Teori
1.      Definisi Al-Qur’an
Arti Qur’an menurut pendapat yang paling kuat seperti yang dikemukakan dari Subhi Al Salih berarti bacaan, asal kata Qara’a. kata Al-Qur’an itu berbentuk masdar dengan isim maf’ul yaitu maq’ra (dibaca).
Adapun defenisi Al-qur’an adalah “Kalam Allah SWT yang merupakan mukjizat yang diturunkan (diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW, dan ditulis di mushap dan diriwayatkan dengan mutawatir serta membacanya adalah ibadah.
Banyak ayat Al-Qur’an yang mengisyaratkan tentang pengobatan karena Al-qur’an itu sendiri diturunkan sebagai penawar dan rahmat bagi orang-orang mukmin.
“Dan kami menurunkan AL-Qur’an sebagai penawar dan rahmat untuk orang-orang yang mukmin” (QS. Al Isra / 17 : 82)

2.      Manfaat Membaca Al-qur’an
Selain mendekatkan diri dengan yang Maha Esa, membaca Al-Qur’an juga dapat memberikan kita kenikmatan tersendiri bagi yang sering melakukannya.
Banyak sekali manfaat yang terdapat dalam Al-qur’an, apabila kita sering mengamalkannya selain kita dapat pahala yang lebih karena membaca kita Al-Qur’an.

3.      Adab Membaca Al-qur’an
-            Membersihkan mulut dengan bersiwak sebelum membaca Al-Qur’an.
-            Membaca Al-Qur’an ditempat yang bersih seperti masjid, dsb.
-            Menghadap kiblat.
-            Membaca Ta’awudz (A’udzu billahi minassyaithonirrajin) ketika mulai membaca Al-Qur’an.
Firman Allah Ta’ala (Apabila membaca Al-Qur’an maka mohonlah perlindungan Allah dari godaan syaitan yang terkutuk).
-            Membaca bismillahirahmanirrahim.
-            Khusu’ dan teliti pada setiap ayat yang dibaca.
-            Memperindah, melagukan dan memerdukan suara dalam membaca Al-Qur’an.
-            Pelan dan tidak tergesa-gesa dalam membaca Al-Qur’an.
-            Memperhatikan bacaan (yang panjang dipanjangkan, dan yang pendek dipendekkan).
-            Berhenti untuk berdo’a ketika membaca ayat rahmat dan ayat azab.

















BAB II
METODOLOGI PENELITIAN

A.     Ruang Lingkup
Penelitian ini adalah penelitian sosial yang diadakan pada tanggal “4 Februari 2013” di Madrasah Aliyah Nururrodhiyah dengan judul “Upaya Wakakes dalam Meningkatkan Kegiatan Yasinan setiap hari Jum’at”.

B.      Sumber Data
1.      Data Primer
-       Mengapa siswa banyak tiak mengikuti yasinan ?
-       BAgaimana cara agar siswa mengikuti yasinan ?
2.      Data Sekunder
Dokumentasi

C.      Setting Penelitian
Saya meneliti tentang judul diatas karena saya masih Sekolah di Nururrodhiyah dan jaraknya mudah terjangkau oleh Angkot.

D.     Instrumen Pengumpulan Data
-          Wawancara
-          Observasi
-          Dokumentasi

E.      Jadwal Penelitian
Penelitian dilakukan selama bulan Februari 2013



Tabel 1. Jadwal Penelitian
No
Kegiatan
Bulan Februari
1
2
3
4
1
Mengajukan Judul



2
Mengajukan Proposal



3
Presentasi Proposal



4
Perbaikan Proposal



5
Pengumpulan Data



6
Analisis Data



7
Presentasi Penelitian



8
Pembukuan Penelitian
























BAB III
TEMUAN DILAPANGAN DAN PEMBAHASAN

A.     Penyebab Siswa di Madrasah Aliyah Nururrodhiyah tidak ikut Yasinan
Mengapa siswa tidak mengikuti yasinan
Dari hasil penelitian kami dengan Bapak Junaidi, S.Ag dengan pertanyaan sebagai berikut :
1.      Menurut Bapak seberapa penting anak-anak mengikuti yasinan setiap Jum’at ?
-            Untuk melatih siswa agar terbiasa menghafalkan yasin, tahlil serta do’a sehingga siswa menjadi fasih dan hafal.
-            Untuk menuntun siswa agar menjadi anak yang soleh dan sholehah
-            Agar siswa selalu minta ampun kepada Allah agar dosa-dosanya diampunkan oleh Allah SWT dan apa-apa amal yang dibacakannya disampaikan kepada orang yang dimaksud.
-            Untuk menciptakan siswa menjadi kaum muslimin dan muslimat yang sejati dan selalu menciptakan silaturahmi.
2.      Bagaimana pendapat Bapak, untuk mengatasi tentang murid-murid kelas XII yang tidak mengikuti yasinan setiap Jum’at ?
-            Memberi bimbingan tentang ajaran agama begitu pentingnya tentang kegiatan tersebut sehingga berguna untuk dirinya dan orang banyak.
-            Memberikan teguran terhaap siswa tersebut.
-            Memberikan sanksi terhadap siswa tersebut, misalnya disuruh menghafal tentang do’a-do’a atau ayat Al-qur’an.
3.      Kendala apa yang Bapak hadapi dalam meningkatkan kedisiplinan siswa alam mengikuti Yasinan ?
-            Kehadiran siswa selalu terlambat datang sehingga sulit untuk memotivasi terhadap siswa tersebut.
-            Siswa tersebut kurang menyadari tentang kegiatan tersebut sehingga interaksi terhadap siswa tersebut tidak terbina.
4.      Usaha apa saja yang sudah dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mengikuti Yasinan ?
-            Memberi / mengulangi siswa membaca Yasin dan Tahlil kepada siswa tersebut.

B.      Observasi Pengamatan
Setelah saya melakukan wawancara berdasarkan pengamatan Bapak Junaidi, S.Ag bahwasanya siswa tidak ikut Yasinan dikarenakan sering datang terlambat


















BAB IV
PENUTUP

A.     Kesimpulan
           Dari hasil wawancara dan pengamatan yang dilakukan hamper kurang satu bulan, maka saya akan menyimpulkan bahwa anak di Madrasah yang tidak mengikuti yasinan dikarenakan mereka sering datang terlambat dan mereka susah untuk dipaksa oleh pihak guru.
Upayanya :
-          Guru sudah menasehati dan selalu mengawasi perkembangan siswa.
-          Guru selalu mengabsen siswa yang tidak ikut yasinan.

B.      Saran
           Guru harus lebih tegas dalam bertindak untuk kemajuan sekolah kita tercinta dan murid yang tidak ikut yasinan harus diberikan hukuman yang membuat siswa  tersebut menjadi jerah.













DAFTAR PUSTAKA

www. Wikipedia.pendidikan.com
Dokumen madrasah Aliyah Nururrodhiyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar