BAB III
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
A.
Standar Kompetensi Lulusan Pemerintah
Kota Jambi Madrasah Tsanawiyah Nururrodhiyah
1. Mengamalkan
ajaran agama (Islam) .
2. Memahami
kekurangan dan kelebihan diri sendiri.
3. Menunjukkan
sikap percaya diri.
4. Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungan yang
lebih luas.
5. Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan
sosial ekonomi dalam lingkup nasional.
6. Mencari dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan
sumber-sumber lain secara logis, kritis, dan kreatif.
7. Menunjukkan
kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif.
8. Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi
yang dimilikinya.
9. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam
kehidupan sehari-hari.
10. Mendeskripsi gejala alam dan sosial.
11. Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab.
12. Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan berbangsa, dan
bernegara demi terwujudnya persatuan Kesatuan Republik Indonesia.
13. Menghargai karya seni dan budaya nasional
14. Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya.
15. Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang
dengan hal-hal yang positif.
16. Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun.
17. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di
masyarakat.
18. Menghargai
adanya perbedaan pendapat.
19. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis naskah pendek sederhana.
20. Menunjukkan keterampilan
menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia, bahasa Arab
dan bahasa Inggris sederhana.
21. Menguasai pengetahuan
yang diperlukan untuk
mengikuti pendidikan menengah
22. Mampu menghafal do'a-do'a ba'da sholat danyang berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari.
23. Mampu menghafal surat-surat pendek pilihan dalam al-Qur 'an.
Catatan: Cetak miring pengembangan SKL
B. Standar
Kompetensi Kelompok Mata Peiajaran (SK-KMP)
Standar Kompetensi Kelompok Mata Peiajaran (SK-KMP)
terdiri atas kelompok-kelompok mata pelajaran:
1. Agama dan
Akhlak Mulia.
2. Kewarganegaraan
dan Kepribadian.
3. Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi.
4. Estetika.
5. Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan.
Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP)
dikembangkan berdasarkan tujuan dan cakupan muatan dan/ atau kegiatan setiap
kelompok mata pelajaran, yakni:
1. Kelompok mata pelajaran Agama dan Akhlak Mulia bertujuan:
membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Tujuan tersebut dicapai melalui muatan
dan/atau kegiatan agama, kewarganegaraan, kepribadian, ilmu pengetahuan dan
teknologi, estetika, jasmani, olahraga, dan kesehatan.
2. Kelompok mata pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadiau bertujuan:
membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta
tanah air. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan agama akhlak
mulia, kewarganegaraan, bahasa, seni dan budaya, dan penaidikan jasmani.
3. Kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bertujuan:
mengembangkan logika, kemampuan berpikir dan analisis peserta didik. Pada
satuan pendidikan MTs, tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan
bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial,
keterampilan / kejuruan, dan / atau teknologi informasi dan komunikasi, serta
muatan lokal yang relevan.
4. Kelompok mata pelajaran Estetika bertujuan: membentuk karakter
peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa seni dan pemahaman budaya.
Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa, seni dan budaya,
keterampilan, dan muatan lokal yang relevan.
5. Kelompok mata pelajaran
Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan bertujuan: membentuk karakter peserta
didik agar sehat jasmani dan rohani, dan menumbuhkan rasa sportifitas. Tujuan
ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan pendidikan jasmani, olahraga,
pendidikan kesehatan, ilmu pengetahuan alam, dan muatan lokal yang relevan.
Adapun Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) untuk masing-masing satuan
pendidikan selengkapnya adalah sebagai berikut:
1. Agama
dan Akhlak Mulia
1. Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap
perkembangan remaja.
2. Menerapkan
nilai-nilai kejujuran dan keadilan.
3. Memahami keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial
ekonomi
4. Berkomunikasi
dan berinteraksi secara efektif dan santun yang mencerminkan harkat dan martabatnya
sebagai makhluk Tuhan.
5. Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan
waktu luang sesuai dengan tuntunan agamanya.
6. Memanfaatkan lingkungan sebagai makhluk ciptaan Tuhan secara
bertanggung jawab.
7. Menghargai
perbedaan pendapat dalam menjalankan ajaran agama.
2. Kewarganegaraan
dan Kepribadian
1. Menerapkan kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa,
dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan Republik
Indonesia.
2. Mematuhi
aturan-aturan sosial, hukum dan perundangan.
3. Menghargai
keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup
nasional.
4. Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab.
5. Memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri.
6. Berkomunikasi
dan berinteraksi secara efektif dan santun.
7. Menunjukkan sikap percaya diri.
8. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis.
9. Menunjukkan
kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
10. Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya.
11. Menunjukkan kebiasaan hidup
bersih, sehat, bugar, dan aman dalam kehidupan sehari-hari.
12. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di
masyarakat.
13. Menghargai adanya perbedaan pendapat.
14. Menghargai karya seni dan budaya nasional Indonesia.
3. Ilmu
Pengetahuan dau Teknologi
1. Mencari dan menerapkan informasi secara logis, kritis, dan kreatif.
2. Menunjukkan
kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif.
3. Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi
yang dimilikinya.
4. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam
kehidupan sehari-hari.
5. Mendeskripsi gejala alam dan sosial.
6. Memanfaatkan
lingkungan secara bertanggung jawab.
7. Menghargai
tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya.
8. Menerapkan hidup bersih, sehat bugar, aman, dan memaniaatkan waktu
luang.
9. Memiliki keterampilan menyimak, berbicara,
membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris sederhana.
10. Memanfaatkan sumber daya alam secara sederhana.
11. Menerapkan keterampilan yang sudah diperoleh dalam hehidupan
sehari-hari.
12. Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan
menengah.
Catatan: cetak miring
pengembangan SKL
4. Estetika
1. Memanfaatkan
lingkungan untuk kegiatan apresiasi seni.
2. Menghargai
karya seni, budaya, dan keterampilan sesuai dengan kekhasan lokal.
3. Menunjukkan
kegemaran membaca dan menulis karya seni.
4. Memiliki
prestasi dalam karya seni.
Catatan: cetak miring
pengembangan SKL
5. Jasmani,
Olah Raga, dan Kesehatan
1. Menunjukkan
kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang dengan
memanfaatkan lingkungan secara bertauggung jawab.
2. Mencari
dan menerapkan berbagai informasi tentang potensi sumber daya lokal untuk
menunjang hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang.
3. Memiliki
prestasi dalam bidang olah raga.
Catatan: cetak miring
pengembangan SKL
C. Standar
Kelulusan Mata Pelajaran (SK-MP):
a. Pendidikan
Agama Islam
1) Qur'an Hadits:
1. Memahami
dan mencintai al-Qur'an dan al-Hadist sebagai pedoman hidup umat Islam.
2. Meningkatkan pemahaman al-Qur’an melalui
upaya menerapkan cara membacanya, menangkap maknanya, memahami kandungan
isinya, dan mengaitkannya dengan fenomena kehidupan.
3. Menghafal
dan memahami makna hadits-hadits yang terkait dengan tema sesuai dengan tingkat
perketnbangan anak.
4. Menjiwai
dan Mengamalkan nilai-nilai ajaran al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.
5. Membuat
karya tulis dengan menggunakan ayat dan hadits yang dipelajari.
2) AqidahAkhlak:
1. Meningkatkan
pemahaman dan keyakinan terhadap rukun hnan melalui pembuktian dengan dalil
naqli dan aqli, serta pemahaman dan penghayatan terhadap al-Asma' al-Husna
dengan menunjukkan ciri-ciri/tanda-tanda perilaku seseorang dalam fenomena
kehidupan dan pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari.
2. Membiasakan
akhlak terpuji seperti ikhlas, taat, khauf, taubat, tawakkal, ikhtiyar, sabar,
syukur, qana'ah, tawadluf, husnudzon, tasamuh, ta'awun, berilmu, kreatif,
produktif dan pergaulan remaja, serta menghindari akhlak tercela seperti riya,
nifaq, ananiah, putus asa, ghadlab, tamak, takabbur, hasad, dendam, ghibah,
fitnah dan namimah.
3. Membiasakan
mengucapkan salam dalam kehidupan sehari-hari.
4. Berdo
'a sebelum dan sesudah belajar.
5. Membudayakan
musafahah (bersalaman) dianlara guru/siswa.
Catatan: cetak miring
pengembangan SKL
3) Fiqih
1. Memahami
ketentuan hukum Islam yang berkaitan dengan ibadah mahdloh dan muammalah
serta dapat mempraktekkan dengan benar dalam kehidupan sehari-hari.
2. Mampu memperaktikkan penyelenggarakan
jenazah.
3. Mampu mengumandangkan adzan dan iqamah
dengan baik dan benar
4. Aktif melaksanakan sholat wajib dengan baik
dan benar
Catatan: cetak miring
pengembangan SKL
4) SKI
1. Meningkatkan pengenalan dan kemampuan
mengambil ibrah terhadap peristiwa penting sejarah kebudayaan Islam mulai
perkembangan masyarakat Islam puda masa Nabi Muhammad SAW dan para
khulafaurrasyidin, Bani Umaiyah, Abbasiyah, Al-Ayyubiyah sampai perkembangan
Islam di Indonesia.
2. Mengapresiasi fakta dan makna
peristiwa-peristiwa bersejarah, dan mengkaitkannya dengan fenomena kehidupan
sosial, budaya, politik, ekonomi, dan IPTEK.
3. Meneladani
nilai-nilai dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam peristiwa bersejarah.
4. Mengetahui
silsilah Nabi Muhammad dari sebelah bapak dan ibu.
Catatan: cetak miring
pengembangan SKL
b. Pendidikan
Kewarganegaraan
1. Memahami
dan menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma kebiasaan, adat istiadat,
dan peraturan, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
2. Menjelaskan
makna proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia sesuai dengan suasana kebatinan
konstitusi pertama.
3. Menghargai
perbedaan dan kemerdekaan dalam mengemukakan pendapat dengan bertanggung jawab.
4. Menampilkan
perilaku yang ttaik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar
1945.
5. Menunjukkan sikap positif terhadap
pelaksanaan kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat.
6. Menjelaskan
makna otonomi daerah, dan hubungan antara pemerintahan pusat dan daerah.
7. Menunjukkan
sikap kritis dan apresiatif terhadap dampak globalisasi.
8. Memahami
prestasi diri untuk berprestasi sesuai dengan keindividuannya.
9. Menghargai
jasa-jasa pahlawan dalam mengisi kemerdekaan dengan cara belajar tekun.
10. Mampu menghafal teks Pancasila, pembukaan UUD 45
dan teks Proklamasi
Catatan: cetak miring
pengembangan SKL
c.
Bahasa Arab
1. Menyimak
Mampu memahami wacana lisan melalui
kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang
identitas diri, rumahku, keluargaku, menanyakan alamat, jam, aktifitas di
sekolah, aktifitas di rumah, profesi, cita-cita, kegiatan keagamaan dan
lingkungan sekitar kita.
2. Berbicara
Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan,
perasaan, pengalaman serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya
jawab tentang identitas diri, rumahku, keluargaku, menanyakan alamat, jam,
aktifitas di sekolah, aktifitas di rumah, profesi, cita-cita, kegiatan keagamaan
dan lingkungan sekitar kita.
3. Membaca
Mampu memahami berbagai ragam teks tulis
dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, melalui kegiatan membaca,
menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang identitas diri, rumahku,
keluargaku, menanyakan alamat, jam, aktifitas di sekolah, aktifitas di rumah,
profesi, cita-cita, kegiatan keagamaan dan lingkungan sekitar kita.
4. Menulis
Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan,
perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis pikiran tentang
identitas diri, nimahku, keluargaku, menanyakan alamat, jam, aktifitas di
sekolah, aktifitas di rumah, profesi, cita-cita, kegiatan keagamaan dan
lingkungan sekitar kita.
d. Bahasa
Indonesia
1. Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam kegiatan
wawancara, pelaporan, penyampaian berita radio/TV, dialog interaktif, pidato,
khotbah /ceramah, dan pembacaan berbagai karja sastra berbentuk dongeng, puisi,
drama, novel remaja, syair, kutipan, dan sinopsis novel.
2. Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk
mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, pengalaman, pendapat, dan komentar
dalam kegiatan wawancara, presentasi laporan, diskusi, protokoler, dan pidato,
serta dalam berbagai karya sastra berbentuk cerita pendek, novel remaja, puisi,
dan drama.
3. Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk
memahami berbagai bentuk wacana tulis, dan berbagai karya sastra berbentuk
puisi, cerita pendek, drama, novel remaja, antologi puisi, novel dari berbagai
angkatan dan mampu membaca table, grafik dan peta.
Catatan: cetak miring
pengembangan SKL
4. Menulis
Melakukan berbagai kegiatan menulis untuk
mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk buku harian, surat
pribadi, pesan singkat, laporan, surat dinas, petunjuk, rangkuman, teks berita,
slogan, poster, iklan baris, resensi, karangan, karya ilmiah sederhana, pidato,
surat pembaca, dan berbagai karya sastra berbentuk pantun, dongeng, puisi,
drama, puisi, dan cerpen, dan memahami struktur kalimat
Catatan: cetak miring pengembangan
SKL
e. Bahasa Inggris
1. Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana lisan
interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam
bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
2. Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam
wacana interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun
informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report,
dalam konteks kehidupan sehari-hari.
3. Membaca
Memahami makna dalam wacana tertulis
interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam
bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
4. Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis
dalam wacana interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun
informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report,
dalam konteks kehidupan sehari-hari Menghafal kosa kata (pengembangan SKL).
f. Matematika
1. Memahami
konsep bilangan real, operasi hitung dan sifat-sifatnya (komutatif, asosiatif,
distributif), barisan biiangan sederhana (barisan aritmetika dan
sifat-sifatnya), serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
2. Memahami konsep aljabar meliputi: bentuk
aljabar dan unsur-unsumya, persamaan dan pertidaksamaan linear serta
penyelesaiannya, himpunan dan operasinya, relasi, fungsi dan grafiknya, sistem
persamaan linear dan penyelesaiannya, serta menggunakannya dalam pemecahan
masalah.
3. Memahami
bangun-bangun geometri, unsur-unsur dan sifat-sifatnya, ukuran dan
pengukurannya, meliputi: hubungan antar garis, sudut (melukis sudut dan membagi
sudut), segitiga (termasuk melukis. segitiga) dan segi empat, teorema
Pythagoras, lingkaran (garis singgung sekutu, lingkaran luar dan lingkaran
dalatt segitiga dan melukisnya), kubus, balok, prisma, limas dan jaring-javingnya,
kesebangunan dan kongruensi, tabung, kerucut, bola, serta menggunakannya dalam
pemecahan masalah.
4. Memahami
konsep data, pengumpulan dan penyajian data (dengan tabel, gambar, diagram,
grafik), rentangan data, rerata hitung, modus dan median, serta menerapkannya
dalam pemecahan masalah.
5. Memahami konsep ruang sampel dan peluang
kejadian, serta memanfaatkan dalam pemecahan masalah.
6. Memiliki
sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan.
7. Memiliki
kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta
mempunyai kemampuan bekerja sama.
8. Memahami
berbagai macam bentuk bilangan ril, bulat, cacah, asli, prima, genap, ganjil,
rasional dan irasional.
9. Mampu
menerapkan dan menggunakan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari.
Catatan: cetak miring
pengembangan SKL
g. llmu
Pengetahuan Alam
1. Melakukan
pengamatan dengan peralatan yang sesuai, melaksanakan percobaan sesuai
prosedur, mencatat hasil pengamatan dan pengukuran dalam tabel dan grafik yang
sesuai, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikannya secara lisan dan tertulis
sesuai dengan bukti yang diperoleh.
2. Memahami keanekaragaman hayati, klasifikasi
keragamannya berdasarkan ciri, cara-cara pelestariannya, serta saling
ketergantungan antar makhluk hidup di dalam ekosistem.
3. Memahami sistem kerja organ, saraf dan hormon
pada manusia dan kelangsungan makhluk hidup.
4. Memahami konsep partikel materi, berbagai
bentuk, sifat dan wujud zat, perubahan, dan kegunaannya,
5. Memahami
konsep gaya, usaha, energi, getaran, gelombang, optik, listrik, magnet dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari.
6. Memahami
sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya.
7. Memahami
arti satuan panjang dan massa.
8. Memahami sistem kerja organ reproduksi pada
manusia.
9. Memahami cara-cara pewarisan sifat pada
manusia.
Catatan: cetak miring
pengembangan SKL
h. Ilmu Pengetatauan Sosial
1. Mendeskripsikan
keanekaragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap
kehidupan.
2. Memahami
proses interaksi dan sosialisasi dalam pembentukan kepribadian manusia.
3. Membuat
sketsa dan peta wilayah serta menggunakan peta, atlas, dan globe untuk
mendapatkan informasi keruangan.
4. Mendeskripsikan
gejala-gejala yang terjadi di geosfer dan dampaknya terhadap kehidupan.
5. Mendeskripsikan
perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan sejak Pra-Aksara, Hindu
Budha, sampai masa Kolonial Eropa.
6. Mengidentifikasikan upaya penanggulangan
permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan.
7. Memahami proses kebangkitan nasional, usaha
persiapan kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan, dan mempertahankan Negara
Kesatuan Republik Indonesia.
8. Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya dan
tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan, serta mengidentifikasi
berbagai penyakit sosial sebagai akibat penyimpangan sosial dalam masyarakat,
dan upaya pencegahannya.
9. Mengidentifikasi
region-region di permukaan bumi berkenaan dengan pembagian permukaan bumi atas
benua dan samudera, keterkaitan unsur-unsur geografi dan penduduk, serta
ciri-ciri negara maju dan berkembang.
10. Mendeskripsikan perkembangan lembaga
internasional, kerja sama internasional dan peran Indonesia dalam kerja sama
dan perdagangan mtemasional, serta dampaknya terhadap perekonomian Indonesia.
11. Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial
dan ekonomi serta mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip
ekonomi dalam memenuhi kebutuhannya.
12. Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan
ekonomi berupa kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa untuk
mencapai kemandirian dan kesejahteraan.
13. Mengetahui provinsi dankota di Indonesia
/pemekaran.
Catatan: cetak miring
pengembangan SKL
i. Seni Budaya
Seni
Rupa
1. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni rupa terapan melalui gambar bentuk obyek tiga
dimensi yang ada di daerah setempat.
2. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni rupa terapan melalui gambar / lukis, karya seni
gratis dan kriya tekstil batik daerah Nusantara.
3. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni rupa murni yang dikembangkan dari beragam unsur
seni rupa Nusantara dan mancanegara.
Seni
Musik
1. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni musik lagu daerah setempat secara perseorangan
dan berkelompok.
2. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni musik lagu tradisional nusantara secara
perseorangan dan kelompok.
3. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni musik lagu mancanegara secara perseorangan dan
kelompok.
4. Mengapresiasikan
dan mengekspresikan karya seni musik islam.
Catatan : cetak miring
pengembangan SKL Seni Tari
Seni
Tari
1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni
tari tunggal berpasangan/ kelompok terhadap keunikan seni tari daerah setempat.
2. Mengapresiasi dan
mengekspresikan karya seni
tari tunggal berpasangan /
kelompok terhadap keunikan seni tari Nusantara.
3. Mengekspresikan karya seni
tari tunggal berpasangan/ kelompok terhadap keunikan seni tari
mancanegara.
Seni
Teater
1. Mengapresiasi dan bereksplorasi teknik olah
tubuh, pikiran dan suara Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater
terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat.
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni
teater terhadap keunikan dan pesan moral seni teater Nusantara.
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni
teater tradisional, modem dan kreatif terhadap keunikan dan pesan moral seni
teater daerah setempat.
j. Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
1. Mempraktekkan
variasi dan kombinasi teknik dasar permainan, olahraga serta atletik dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
2. Mempraktekkan
senam lantai dan irama dengan alat dan tanpa alat.
3. Mempraktekkan
teknik renang dengan gaya dada, gaya bebas, dan gaya punggung.
4. Mempraktekkan
teknik kebugaran dengan jenis latihan beban menggunakan alat sederhana.
5. Mempraktekkan
kegiatan-kegiatan di luar kelas seperti melakukan perkemahan, penjelajahan alam
sekitar dan piknik.
6. Memahami
budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari seperti perawatan tubuh serta
lingkungan, mengenal berbagai penyakit dan cars pencegahannya serta menjauhi
narkoba.
7. Mengetahui
seluruh utairan lapangan olah raga.
Catatan: cetak miring pmgembangan
SKL
h. Keterampilan Kerajinan
1. Mengapresiasi
dan membuat benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias berbahan lunak alami maupun
buatan dengan teknik lipat, potong dan rekat serta teknik butsir dan cetak
dengan ragam bias tradisional, mancanegara maupun modifikasinya.
2. Mengapresiasi
dan membuat benda kerajinan jahit dan sulam dengan ragam bias tradisional, mancanegara
maupun modifikasinya.
3. Mengapresiasi
dan membuat benda kerajinan anyaman dan makrame.
4. Mengapresiasi dan
membuat benda kerajinan dengan teknik potong, sambung dan teknik teknik potong konstruksi dengan
ragama hias tradisional, mancanegara maupun modifikasinya.
5. Mengapresiasi
dan membuat benda kerajinan dengan teknik sayat dan ukir dengan ragam bias
tradisional, mancanegara maupun modifikasinya.
6. Memanfaatkan
barang bekas yang tidak layak guna
Catatan: cetak miring pengembangan
SKL
Teknologi Rekayasa
1. Mengapresiasi
dan menciptakan karya teknologi rekayasa alat penerangan dan alat yang
menimbulkan suara dengan listrik arus lemah (baterai).
2. Mengapresiasi
dan menerapkan karya teknologi rekayasa penjernihan air dengan teknologi
mekanis dan teknologi kimia.
3. Mengapresiasi
dan membuat benda teknologi rekayasa alat yang berputar secara mekanis dan
digerakkan dengan listrik.
Teknologi
Budidaya
1. Mengapresiasi dan menerapkan teknologi budaya
pemeliharaan dan perawatan hewan unggas petelor dan bibit hewan unggas.
2. Mengapresiasi
dan menerapkan teknologi budidaya tanaman obat dan tanaman bias yang
menggunakau media tanah.
3. Mengapresiasi
dan menerapan teknologi budidaya ikan air tawar dan ikan hias air tawar di
dalam kolam.
Teknologi
Pengolahan
1. Mengapresiasi dan menerapkan teknologi
pengolahan manisan basah dan kering bentuk padat dan bahan nabati.
2. Mengapresiasi
dan menerapkan teknologi pengolahan produk pengawetan bahan mentah nabati dan hewani
dengan cara diasinkan.
3. Mengapresiasi
dan menerapkan teknologi pengolahan produk pengawetan bahan nabati dan hewani
dengan cara dikeringkan.
4. Mengapresiasikan
dan menerapkan teknologi pengolahan produk bahan nabati dan hewani menjadi
makanan olahan.
Catatan: cetak miring
pangembangan SKL
k.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
1. Memahami
penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa datang.
2. Menguasai
dasar-dasar ketrampilan computer.
3. Menggunakan
perangkat pengolah kata dan pengolah angka untuk menghasilkan dokumen sederhana.
4. Memahamj prinsip dasar internet / internet
dan menggunakannya untuk memperoleh
informasi.
5. Menggunakan
perangkat mengoJahan kata dengan huruf Arab.
Catatan: cetak miring pengembangan
SKL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar