السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة

Rabu, 29 Juli 2015

KTSP BAB III MTS NR KOTA JAMBI



BAB III
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)

A.   Standar Kompetensi Lulusan Pemerintah Kota Jambi Madrasah Tsanawiyah   Nururrodhiyah
1.    Mengamalkan ajaran agama (Islam) .
2.    Memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri.
3.    Menunjukkan sikap percaya diri.
4.    Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungan yang lebih luas.
5.    Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional.
6.    Mencari dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan sumber-sumber lain secara logis, kritis, dan kreatif.
7.    Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif.
8.    Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
9.    Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
10. Mendeskripsi gejala alam dan sosial.
11. Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab.
12. Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan berbangsa, dan bernegara demi terwujudnya persatuan Kesatuan Republik Indonesia.
13. Menghargai karya seni dan budaya nasional
14. Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya.
15. Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang dengan hal-hal yang positif.
16. Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun.
17. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat.
18. Menghargai adanya perbedaan pendapat.
19. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis naskah pendek sederhana.
20. Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia, bahasa Arab dan bahasa Inggris sederhana.
21.  Menguasai pengetahuan  yang  diperlukan  untuk  mengikuti  pendidikan menengah
22. Mampu menghafal do'a-do'a ba'da sholat danyang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
23. Mampu menghafal surat-surat pendek pilihan dalam al-Qur 'an.

Catatan: Cetak miring pengembangan SKL









B.   Standar Kompetensi Kelompok Mata Peiajaran (SK-KMP)
Standar Kompetensi Kelompok Mata Peiajaran (SK-KMP) terdiri atas kelompok-kelompok mata pelajaran:
1.    Agama dan Akhlak Mulia.
2.    Kewarganegaraan dan Kepribadian.
3.    Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
4.    Estetika.
5.    Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan.

Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) dikembangkan berdasarkan tujuan dan cakupan muatan dan/ atau kegiatan setiap kelompok mata pelajaran, yakni:
1.    Kelompok mata pelajaran Agama dan Akhlak Mulia bertujuan: membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Tujuan tersebut dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan agama, kewarganegaraan, kepribadian, ilmu pengetahuan dan teknologi, estetika, jasmani, olahraga, dan kesehatan.

2.    Kelompok mata pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadiau bertujuan: membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan agama akhlak mulia, kewarganegaraan, bahasa, seni dan budaya, dan penaidikan jasmani.

3.    Kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bertujuan: mengembangkan logika, kemampuan berpikir dan analisis peserta didik. Pada satuan pendidikan MTs, tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, keterampilan / kejuruan, dan / atau teknologi informasi dan komunikasi, serta muatan lokal yang relevan.

4.    Kelompok mata pelajaran Estetika bertujuan: membentuk karakter peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa seni dan pemahaman budaya. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa, seni dan budaya, keterampilan, dan muatan lokal yang relevan.

5.    Kelompok mata pelajaran  Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan bertujuan: membentuk karakter peserta didik agar sehat jasmani dan rohani, dan menumbuhkan rasa sportifitas. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan pendidikan jasmani, olahraga, pendidikan kesehatan, ilmu pengetahuan alam, dan muatan lokal yang relevan.

Adapun Standar Kompetensi Kelompok Mata  Pelajaran (SK-KMP) untuk masing-masing satuan pendidikan selengkapnya adalah sebagai berikut:
1.    Agama dan Akhlak Mulia
1.    Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja.
2.    Menerapkan nilai-nilai kejujuran dan keadilan.
3.    Memahami keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi
4.    Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun yang mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
5.    Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang sesuai dengan tuntunan agamanya.
6.    Memanfaatkan lingkungan sebagai makhluk ciptaan Tuhan secara bertanggung jawab.
7.    Menghargai perbedaan pendapat dalam menjalankan ajaran agama.

2.    Kewarganegaraan dan Kepribadian
1.    Menerapkan kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2.    Mematuhi aturan-aturan sosial, hukum dan perundangan.
3.    Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional.
4.    Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab.
5.    Memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri.
6.    Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun.
7.    Menunjukkan sikap percaya diri.
8.    Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis.
9.    Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
10. Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya.
11. Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, dan aman dalam kehidupan sehari-hari.
12. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat.
13. Menghargai adanya perbedaan pendapat.
14. Menghargai karya seni dan budaya nasional Indonesia.

3.    Ilmu Pengetahuan dau Teknologi
1.    Mencari dan menerapkan informasi secara logis, kritis, dan kreatif.
2.    Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif.
3.    Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
4.    Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
5.    Mendeskripsi gejala alam dan sosial.
6.    Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab.
7.    Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya.
8.    Menerapkan hidup bersih, sehat bugar, aman, dan memaniaatkan waktu luang.
9.  Memiliki keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris sederhana.
10. Memanfaatkan sumber daya alam secara sederhana.
11.  Menerapkan keterampilan yang sudah diperoleh dalam hehidupan sehari-hari.
12. Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah.
Catatan: cetak miring pengembangan SKL
4.    Estetika
1.    Memanfaatkan lingkungan untuk kegiatan apresiasi seni.
2.    Menghargai karya seni, budaya, dan keterampilan sesuai dengan kekhasan lokal.
3.   Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis karya seni.
4.    Memiliki prestasi dalam karya seni.
Catatan: cetak miring pengembangan SKL

5.    Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
1.    Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang dengan memanfaatkan lingkungan secara bertauggung jawab.
2.    Mencari dan menerapkan berbagai informasi tentang potensi sumber daya lokal untuk menunjang hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang.
3.    Memiliki prestasi dalam bidang olah raga.
Catatan: cetak miring pengembangan SKL

C.   Standar Kelulusan Mata Pelajaran (SK-MP):
       a.    Pendidikan Agama Islam
              1)    Qur'an Hadits:
1.    Memahami dan mencintai al-Qur'an dan al-Hadist sebagai pedoman hidup umat Islam.
2.    Meningkatkan pemahaman al-Qur’an melalui upaya menerapkan cara membacanya, menangkap maknanya, memahami kandungan isinya, dan mengaitkannya dengan fenomena kehidupan.
3.    Menghafal dan memahami makna hadits-hadits yang terkait dengan tema sesuai dengan tingkat perketnbangan anak.
4.    Menjiwai dan Mengamalkan nilai-nilai ajaran al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.
5.    Membuat karya tulis dengan menggunakan ayat dan hadits yang dipelajari.

              2)    AqidahAkhlak:
1.    Meningkatkan pemahaman dan keyakinan terhadap rukun hnan melalui pembuktian dengan dalil naqli dan aqli, serta pemahaman dan penghayatan terhadap al-Asma' al-Husna dengan menunjukkan ciri-ciri/tanda-tanda perilaku seseorang dalam fenomena kehidupan dan pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari.
2.    Membiasakan akhlak terpuji seperti ikhlas, taat, khauf, taubat, tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur, qana'ah, tawadluf, husnudzon, tasamuh, ta'awun, berilmu, kreatif, produktif dan pergaulan remaja, serta menghindari akhlak tercela seperti riya, nifaq, ananiah, putus asa, ghadlab, tamak, takabbur, hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah.
3.    Membiasakan mengucapkan salam dalam kehidupan sehari-hari.
4.    Berdo 'a sebelum dan sesudah belajar.
5.    Membudayakan musafahah (bersalaman) dianlara guru/siswa.
Catatan: cetak miring pengembangan SKL


              3)    Fiqih
1.    Memahami  ketentuan hukum Islam yang berkaitan dengan ibadah mahdloh dan muammalah serta dapat mempraktekkan dengan benar dalam kehidupan sehari-hari.
2.    Mampu memperaktikkan penyelenggarakan jenazah.
3.    Mampu mengumandangkan adzan dan iqamah dengan baik dan benar
4.    Aktif melaksanakan sholat wajib dengan baik dan benar
Catatan: cetak miring pengembangan SKL

              4)    SKI
1.    Meningkatkan pengenalan dan kemampuan mengambil ibrah terhadap peristiwa penting sejarah kebudayaan Islam mulai perkembangan masyarakat Islam puda masa Nabi Muhammad SAW dan para khulafaurrasyidin, Bani Umaiyah, Abbasiyah, Al-Ayyubiyah sampai perkembangan Islam di Indonesia.
2.    Mengapresiasi fakta dan makna peristiwa-peristiwa bersejarah, dan mengkaitkannya dengan fenomena kehidupan sosial, budaya, politik, ekonomi, dan IPTEK.
3.    Meneladani nilai-nilai dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam peristiwa bersejarah.
4.    Mengetahui silsilah Nabi Muhammad dari sebelah bapak dan ibu.
Catatan: cetak miring pengembangan SKL

       b.    Pendidikan Kewarganegaraan
1.   Memahami dan menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
2.   Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia sesuai dengan suasana kebatinan konstitusi pertama.
3.   Menghargai perbedaan dan kemerdekaan dalam mengemukakan pendapat dengan bertanggung jawab.
4.    Menampilkan perilaku yang ttaik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
5.  Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat.
6.    Menjelaskan makna otonomi daerah, dan hubungan antara pemerintahan pusat dan daerah.
7.    Menunjukkan sikap kritis dan apresiatif terhadap dampak globalisasi.
8.    Memahami prestasi diri untuk berprestasi sesuai dengan keindividuannya.
9.    Menghargai jasa-jasa pahlawan dalam mengisi kemerdekaan dengan cara belajar tekun.
10.  Mampu menghafal teks Pancasila, pembukaan  UUD 45  dan teks Proklamasi          
Catatan: cetak miring pengembangan SKL
       c.     Bahasa Arab
1.    Menyimak
       Mampu memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang identitas diri, rumahku, keluargaku, menanyakan alamat, jam, aktifitas di sekolah, aktifitas di rumah, profesi, cita-cita, kegiatan keagamaan dan lingkungan sekitar kita.

2.    Berbicara
       Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang identitas diri, rumahku, keluargaku, menanyakan alamat, jam, aktifitas di sekolah, aktifitas di rumah, profesi, cita-cita, kegiatan keagamaan dan lingkungan sekitar kita.

3.    Membaca
       Mampu memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang identitas diri, rumahku, keluargaku, menanyakan alamat, jam, aktifitas di sekolah, aktifitas di rumah, profesi, cita-cita, kegiatan keagamaan dan lingkungan sekitar kita.

4.    Menulis
       Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis pikiran tentang identitas diri, nimahku, keluargaku, menanyakan alamat, jam, aktifitas di sekolah, aktifitas di rumah, profesi, cita-cita, kegiatan keagamaan dan lingkungan sekitar kita.

       d.    Bahasa Indonesia
1.   Mendengarkan
       Memahami wacana lisan dalam kegiatan wawancara, pelaporan, penyampaian berita radio/TV, dialog interaktif, pidato, khotbah /ceramah, dan pembacaan berbagai karja sastra berbentuk dongeng, puisi, drama, novel remaja, syair, kutipan, dan sinopsis novel.

2.    Berbicara
       Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, pengalaman, pendapat, dan komentar dalam kegiatan wawancara, presentasi laporan, diskusi, protokoler, dan pidato, serta dalam berbagai karya sastra berbentuk cerita pendek, novel remaja, puisi, dan drama.

3.    Membaca
       Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami berbagai bentuk wacana tulis, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerita pendek, drama, novel remaja, antologi puisi, novel dari berbagai angkatan dan mampu membaca table, grafik dan peta.
Catatan: cetak miring pengembangan SKL
4.    Menulis
       Melakukan berbagai kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk buku harian, surat pribadi, pesan singkat, laporan, surat dinas, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan, poster, iklan baris, resensi, karangan, karya ilmiah sederhana, pidato, surat pembaca, dan berbagai karya sastra berbentuk pantun, dongeng, puisi, drama, puisi, dan cerpen, dan memahami struktur kalimat
Catatan: cetak miring pengembangan SKL
       e.     Bahasa Inggris
1.    Mendengarkan
       Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari.

2.    Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari.

3.    Membaca
Memahami makna dalam wacana tertulis interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari.

4.    Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari Menghafal kosa kata (pengembangan SKL).

       f.     Matematika
1.    Memahami konsep bilangan real, operasi hitung dan sifat-sifatnya (komutatif, asosiatif, distributif), barisan biiangan sederhana (barisan aritmetika dan sifat-sifatnya), serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
2.    Memahami konsep aljabar meliputi: bentuk aljabar dan unsur-unsumya, persamaan dan pertidaksamaan linear serta penyelesaiannya, himpunan dan operasinya, relasi, fungsi dan grafiknya, sistem persamaan linear dan penyelesaiannya, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
3.    Memahami bangun-bangun geometri, unsur-unsur dan sifat-sifatnya, ukuran dan pengukurannya, meliputi: hubungan antar garis, sudut (melukis sudut dan membagi sudut), segitiga (termasuk melukis. segitiga) dan segi empat, teorema Pythagoras, lingkaran (garis singgung sekutu, lingkaran luar dan lingkaran dalatt segitiga dan melukisnya), kubus, balok, prisma, limas dan jaring-javingnya, kesebangunan dan kongruensi, tabung, kerucut, bola, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
4.    Memahami konsep data, pengumpulan dan penyajian data (dengan tabel, gambar, diagram, grafik), rentangan data, rerata hitung, modus dan median, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
5.    Memahami konsep ruang sampel dan peluang kejadian, serta memanfaatkan dalam pemecahan masalah.
6.    Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan.
7.    Memiliki kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta mempunyai kemampuan bekerja sama.
8.    Memahami berbagai macam bentuk bilangan ril, bulat, cacah, asli, prima, genap, ganjil, rasional dan irasional.
9.    Mampu menerapkan dan menggunakan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari.
Catatan: cetak miring pengembangan SKL

       g.    llmu Pengetahuan Alam
1.    Melakukan pengamatan dengan peralatan yang sesuai, melaksanakan percobaan sesuai prosedur, mencatat hasil pengamatan dan pengukuran dalam tabel dan grafik yang sesuai, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikannya secara lisan dan tertulis sesuai dengan bukti yang diperoleh.
2.    Memahami keanekaragaman hayati, klasifikasi keragamannya berdasarkan ciri, cara-cara pelestariannya, serta saling ketergantungan antar makhluk hidup di dalam ekosistem.
3.    Memahami sistem kerja organ, saraf dan hormon pada manusia dan kelangsungan makhluk hidup.
4.    Memahami konsep partikel materi, berbagai bentuk, sifat dan wujud zat, perubahan, dan kegunaannya,
5.    Memahami konsep gaya, usaha, energi, getaran, gelombang, optik, listrik, magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
6.    Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya.
7.    Memahami arti satuan panjang dan massa.
8.    Memahami sistem kerja organ reproduksi pada manusia.
9.    Memahami cara-cara pewarisan sifat pada manusia.
Catatan: cetak miring pengembangan SKL

       h.    Ilmu Pengetatauan Sosial
1.    Mendeskripsikan keanekaragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.
2.    Memahami proses interaksi dan sosialisasi dalam pembentukan kepribadian manusia.
3.    Membuat sketsa dan peta wilayah serta menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan.
4.   Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di geosfer dan dampaknya terhadap kehidupan.
5.    Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan sejak Pra-Aksara, Hindu Budha, sampai masa Kolonial Eropa.
6.    Mengidentifikasikan upaya penanggulangan permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan.
7.    Memahami proses kebangkitan nasional, usaha persiapan kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan, dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
8.    Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya dan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan, serta mengidentifikasi berbagai penyakit sosial sebagai akibat penyimpangan sosial dalam masyarakat, dan upaya pencegahannya.
9.    Mengidentifikasi region-region di permukaan bumi berkenaan dengan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera, keterkaitan unsur-unsur geografi dan penduduk, serta ciri-ciri negara maju dan berkembang.
10. Mendeskripsikan perkembangan lembaga internasional, kerja sama internasional dan peran Indonesia dalam kerja sama dan perdagangan mtemasional, serta dampaknya terhadap perekonomian Indonesia.
11.  Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi serta mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam memenuhi kebutuhannya.
12.  Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi berupa kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan.
13. Mengetahui provinsi dankota di Indonesia /pemekaran.
Catatan: cetak miring pengembangan SKL

       i.     Seni Budaya
              Seni Rupa
1.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan melalui gambar bentuk obyek tiga dimensi yang ada di daerah setempat.
2.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan melalui gambar / lukis, karya seni gratis dan kriya tekstil batik daerah Nusantara.
3.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa murni yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara.

              Seni Musik
1.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu daerah setempat secara perseorangan dan berkelompok.
2.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu tradisional nusantara secara perseorangan dan kelompok.
3.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu mancanegara secara perseorangan dan kelompok.
4.    Mengapresiasikan dan mengekspresikan karya seni musik islam.
Catatan : cetak miring pengembangan SKL Seni Tari
Seni Tari
1.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari tunggal berpasangan/ kelompok terhadap keunikan seni tari daerah setempat.
2.    Mengapresiasi   dan   mengekspresikan   karya   seni   tari   tunggal berpasangan / kelompok terhadap keunikan seni tari Nusantara.
3.    Mengekspresikan karya  seni  tari tunggal berpasangan/ kelompok terhadap keunikan seni tari mancanegara.

              Seni Teater
1.    Mengapresiasi dan bereksplorasi teknik olah tubuh, pikiran dan suara Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat.
2.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater terhadap keunikan dan pesan moral seni teater Nusantara.
3.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater tradisional, modem dan kreatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat.

       j.     Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
1.    Mempraktekkan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan, olahraga serta atletik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
2.    Mempraktekkan senam lantai dan irama dengan alat dan tanpa alat.
3.    Mempraktekkan teknik renang dengan gaya dada, gaya bebas, dan gaya punggung.
4.    Mempraktekkan teknik kebugaran dengan jenis latihan beban menggunakan alat sederhana.
5.    Mempraktekkan kegiatan-kegiatan di luar kelas seperti melakukan perkemahan, penjelajahan alam sekitar dan piknik.
6.    Memahami budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari seperti perawatan tubuh serta lingkungan, mengenal berbagai penyakit dan cars pencegahannya serta menjauhi narkoba.
7.    Mengetahui seluruh utairan lapangan olah raga.
Catatan: cetak miring pmgembangan SKL

       h.    Keterampilan Kerajinan
1.    Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias berbahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong dan rekat serta teknik butsir dan cetak dengan ragam bias tradisional, mancanegara maupun modifikasinya.
2.    Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan jahit dan sulam dengan ragam bias tradisional, mancanegara maupun modifikasinya.
3.    Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan anyaman dan makrame.
4.   Mengapresiasi  dan  membuat benda kerajinan dengan teknik potong, sambung   dan teknik teknik potong konstruksi dengan ragama hias tradisional, mancanegara maupun modifikasinya.
5.    Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan dengan teknik sayat dan ukir dengan ragam bias tradisional, mancanegara maupun modifikasinya.
6.    Memanfaatkan barang bekas yang tidak layak guna
Catatan: cetak miring pengembangan SKL

              Teknologi Rekayasa
1.    Mengapresiasi dan menciptakan karya teknologi rekayasa alat penerangan dan alat yang menimbulkan suara dengan listrik arus lemah (baterai).
2.    Mengapresiasi dan menerapkan karya teknologi rekayasa penjernihan air dengan teknologi mekanis dan teknologi kimia.
3.    Mengapresiasi dan membuat benda teknologi rekayasa alat yang berputar secara mekanis dan digerakkan dengan listrik.



              Teknologi Budidaya
1.    Mengapresiasi dan menerapkan teknologi budaya pemeliharaan dan perawatan hewan unggas petelor dan bibit hewan unggas.
2.    Mengapresiasi dan menerapkan teknologi budidaya tanaman obat dan tanaman bias yang menggunakau media tanah.
3.    Mengapresiasi dan menerapan teknologi budidaya ikan air tawar dan ikan hias air tawar di dalam kolam.

Teknologi Pengolahan
1.    Mengapresiasi dan menerapkan teknologi pengolahan manisan basah dan kering bentuk padat dan bahan nabati.
2.    Mengapresiasi dan menerapkan teknologi pengolahan produk pengawetan bahan mentah nabati dan hewani dengan cara diasinkan.
3.    Mengapresiasi dan menerapkan teknologi pengolahan produk pengawetan bahan nabati dan hewani dengan cara dikeringkan.
4.    Mengapresiasikan dan menerapkan teknologi pengolahan produk bahan nabati dan hewani menjadi makanan olahan.
Catatan: cetak miring pangembangan SKL


       k.    Teknologi Informasi dan Komunikasi
1.    Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa datang.
2.    Menguasai dasar-dasar ketrampilan computer.
3.    Menggunakan perangkat pengolah kata dan pengolah angka untuk menghasilkan dokumen sederhana.
4.    Memahamj prinsip dasar internet / internet dan menggunakannya   untuk memperoleh informasi.
5.    Menggunakan perangkat mengoJahan kata dengan huruf Arab.
Catatan: cetak miring pengembangan SKL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar